Berapa lama Sih Waktu Ideal Buat Manasin Motor? Perhatikan Ini - Ate Breaker

Berapa lama Sih Waktu Ideal Buat Manasin Motor? Perhatikan Ini

 Sobat, punya motor baru siapa yang tak bahagia? Apalagi kamu dapat dengan kerja keras dengan keringat bercucucur deras,, gas!! gas!! hehe
 Ya, mungkin anda sayang dengan motor barunya, tentu saja harus begitu! Sayang sama motor berarti anda harus perhatikan perawatannya, seperti servis rutin dan sebagainya. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan juga adalah penggunaannya. Ingat, penggunaan yang rapi, baik dan benar akan membuat usia motor makin panjang.

 Apa yang perlu dilakukan?
 Salah satu hal yang perlu anda lakukan ketika menggunakan motor adalah melakukan pemanasan. Bukan cuma peregangan otot anda, tetapi motor juga butuh peregangan. Maksud peregangan motor adalah pemanasan sebelum digunakan.
 Apa perlu? Bukannya motor sekarang udah pada canggih ya?
 Betul sekali, tapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pentingnya memanaskan mesin motor sebelum digunakan.
 Pertama, mesin motor perlu penyesuaian. Mengapa demikian? Sebab, pelumas di dalam mesin motor akan turun ke bawah tepatnya di dasar mesin. Hal ini artinya, sebagian besar komponen mesin tidak terlumasi oli, maka pemanasan ini dimaksudkan agar oli naik ke seluruh komponen dan bersirkulasi dengan baik.
 Berbeda saat anda langsung menjalankan sepeda motor tanpa memanaskan lebih dulu, mesin akan bekerja lebih berat karena minim pelumasan. Akibatnya, kompnen mesin cepat aus, akhirnya mempersingkat usia pakai komponen mesin motor anda.
 Kedua, masih berhubungan dengan mesin, namun lebih kepada komponen pelumas/oli. Tahukah anda, oli memiliki kode kekentalan tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Kekentalan oli bisa dibaca dengan kode SAE (Society automotive eeee,, eenya apa ya lupa,,,, oh ya engineer). Misalnya, SAE 10-40, artinya, pada kondisi mesin dingin, tingkat kebekuan oli mencapai 10, dan pada kondisi panas 40. Nah, pada kondisi kebekuan minimal, kinerja oli lebih lambat, juga bisa mempengaruhi performa mesin karena bekerja lebih berat. Maka, perlu untuk memanaskan mesin agar oli berada pada kondisi optimalnya.
 Selanjutnya, memanaskan mesin juga berarti menyesuaikan pengapian terutama untuk tipe DC, karena aki harus selalu mendapat charge agar tidak soak.
Baca juga: Mudah, cara hidupkan motor tanpa kunci dengan sambung kabel kontak

Berapa menit seharusnya memanaskan mesin?
 Sebelumnya, saya ingatkan untuk memanaskan mesin ternyata tidak boleh sembarangan. Terutama untuk motor baru yang kini memiliki lampu depan (headlamp) yang terus menyala. Terlalu lama memanaskan mesin bisa menyebabkan suhu lampu naik cepat lho gan. Penyebabnya, karena udara di dalam mika lampu tidak bersirkulasi. Berbeda ketika motor digunakan, udara bersirkulasi yang dapat menurunkan suhu di dalam lampu tersebut.
 Maka dari itu, menurut beberapa sumber dari situs resmi sepeda motor, sebaiknya memanaskan mesin motor tidak melebihi 5 menit. Jika lebih, dikhawatirkan mika lampu, terutama reflektor akan meleleh.


Nah, sobat, itulah yang perlu kamu perhatikan ketika hendak memanaskan mesin motor. Sekian infonya, semoga bermanfaat.

Baca juga:
 Cara agar lampu motor bisa dimatikan, tanpa bikin saklar baru

 Cara memasang saklar on/off lampu motor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Berapa lama Sih Waktu Ideal Buat Manasin Motor? Perhatikan Ini"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel