Begini Seharusnya Merawat Dan Membersihkan Busi Motor - Ate Breaker

Begini Seharusnya Merawat Dan Membersihkan Busi Motor

 Busi menjadi bagian penting pengapian dimana bagian ini berfungsi memantikan api pada ruang bakar. Karena terletak di dalam mesin, serta berlangsung dalam rangka mendukung proses pembakaran, busi menjadi komponen yang mudah kotor dan berkerak. Kotoran berasal dari gas sisa pembakaran yang lama-lama akan mengendap dan membuat kerak pada busi.
Gambar terkait
via:jegs.com
 Kerak pada ujung busi yang sudah terlalu tebal, dapat mengganggu kinerjanya terutama saat memantikan api. Akibatnya bisa memberi efek brebet bahkan mogok. Untuk itu sebaiknya rajin membersihkan bagian tersebut dengan cara yang benar sebagai berikut.
Hasil gambar untuk spark plug motorcycle
busi kotor dan berkerak via:hdforums.com
Baca juga: Mengenal cdi dan fungsinya

Cara membuka dan membersihkan busi
 Untuk membuka busi itu mudah, pertama siapkan kunci busi dan jangan lupa untuk mengetahui letaknya. Karena bagian dari proses pembakaran, bagian busi ini terletak pada mesin bagian depan tepatnya pada head mesin. Jika head mesin motor anda tertutup cover sebaiknya buka lebih dulu cover tersebut. Setelah anda buka, barulah melepas penutup businya lalu membuka busi.
Hasil gambar untuk spark plug motorcycle
Penutup busi pada head, via:pinterest

  1. Masukan kunci busi sesuai ukurannya, biasanya motor bebek, matic menggunakan kunci busi 16-17mm, dan motor sport/lainnya 19-22mm.
  2. Putar kunci busi berlawanan arah jarum jam hingga busi terlepas dari head.
Baca Juga: Mengenal Busi pada sepeda motor
 Jika busi sudah keluar, selanjutnya bersihkan permukaan busi yang berkerak atau kotoran yang terdapat pada ujung busi dan selahnya. Untuk membuang kerak diujungnya, bisa gunakan amplas 3000 (lembut), atau cukup dengan menyiram bensin dan mengelapnya. Untuk kotoran yang terdapat di dalam selah busi, bisa gunakan kawat/jarum, namun menggunakan kawat rambut akan lebih mudah.
 Setelah bersih, pasang kembali busi motor anda.
Hasil gambar untuk spark plug motorcycle
via:artofmanliness.com
Baca juga: 10 bagian motor ini bisa kamu servis sendiri, apa saja?

Waktu membersihkan busi, dan usia pakainya
 Kapan seharusnya membersihkan busi? Sebenarnya anjuran khusus memang tidak ada, namun jika melihat usia pakainya yang hanya 8000km (anjuran beberapa motor honda), berarti setidaknya anda bisa bersihkan busi pada 2000-3000km. Atau minimal sebulan sekali, atau kapanpun ketika dirasa performa busi mulai berkurang.
 Sebenarnya, busi bisa bertahan melebihi anjuran 8000km tersebut, namun akan lebih baik jika busi tetap diganti sesuai batas anjuran. Agar keseheatan busi dan komponen lainnya tetap terjaga, termasuk performa motor anda.

 Sekian, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Begini Seharusnya Merawat Dan Membersihkan Busi Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel