Penyebab Dan Cara Atasi Knalpot Motor 4 tak Mengeluarkan Asap - Ate Breaker

Penyebab Dan Cara Atasi Knalpot Motor 4 tak Mengeluarkan Asap

 Selamat malam sobat, semoga sehat selalu, kali ini saya akan membagi pengalaman mengenai motor 4tak yang mengeluarkan asap dari knalpot serta berapa biaya yang harus sobat keluarkan untuk memperbaikinya. Selain itu, beberapa penyebab dan jenis-jenis asap yang dikeluarkan juga akan sedikit kita bahas.

 Setiap produsen sepeda motor, merakit motornya dengan sebaik-baiknya, namun apa daya seiring berjalannya usia motor, akhirnya beberapa komponen mengalami aus atau rusak, termasuk pada bagian mesin. Mesin motor terdiri dari rangkaian komponen yang saling bersinergi satu sama lain dengan tujuan akhirnya adalah roda belakang motor, atau menjalankan sepeda motor tersebut.

 Salah satu masalah yang mungkin dialami sepeda motor dengan usia lama adalah knalpot mengeluarkan asap pekat. Asap ini keluar dengan bau seperti terbakar, dan yang terjadi bagian yang terbakar tersebut adalah pelumas atau oli pada ruang bakar. Hal ini biasanya dipicu oleh kerusakan pada mesin sepeda motor anda, melalui beberapa komponennya seperti berukut.

Penyebab Mesin Motor Mengeluarkan Asap

 Penyebab motor berasap pekat putih dapat terjadi apabila ada kerusakan pada komponen-komponen mesin di bawah ini.

1. Cylinder/Boring
 Boring atau cylinder yang rusak/aus menyebabkan ring piston khususnya bagian ring oli, tidak bisa menutup dengan rapat pada dinding boring. Akibatnya, oli yang berasal dari belakang piston yang seharusnya hanya berfungsi sebagai pelumas, ikut masuk melalui celah cylinder tersebut dan bercampur dengan bensin lalu ikut terbakar.

piston set(piston,ring,penpiston)

2. Ring Piston
 Ring piston terletak pada piston dan menyentuh dinding cylinder dan membuatnya sangat rapat tanpa celah. Fungsinya jelas untuk menjaga kompresi tetap optimal sekaligus mencegah kebocoran kompresi. Jika ring piston aus, maka selain menimbulkan kebocoran kompresi, juga membuat oli masuk dan ikut terbakar sehingga munculah asap pada knalpot.


                                                        piston,ring,dan pen piston (Set)

3. Piston
 Piston berperan sangat penting dalam proses pembakaran sekaligus awal mula mesin dapat bergerak. Sebab, piston menarik kruk as melalui stang piston, lalu kruk as terhubung ke berbagai komponen mesin dan menggerakannya.
 Piston bisa jebol, retakan sedikit saja dapat membuat celah untuk oli bisa masuk ke ruang bakar dan menimbulkan asap pekat.

4. Seal katup/klep
 Katup atau klep merupakan salah satu komponen motor pada bagian head dan terhubung dengan ruang pembakaran, yang bergerak bergantian antara klep in dan out. Sebagai komponen yang aktif bergerak, katup ini dilumasi oli, namun oli tidak dapat masuk ke ruang bakar karena tertahan seal katup/klep. Apabila seal klep aus, maka oli dapat masuk melalui katup dan ikut terbakar dan menyebabkan asap.

BACA JUGA:



Cara Atasi Kerusakan Yang Sebabkan Knalpot Berasap

 Untuk mengatasi knalpot berasap, maka mau tidak mau motor harus turun mesin bagian depan meliputi cylinder/boring dan head. Dari kerusakan 4 bagian diatas, yang paling umum adalah kerusakan pada boring yang menyebabkan motor harus di korter atau oversize. Oversize atau korter adalah memperbesar lubang selongsong 0,25mm atau lebih, yang sudah tentu diikuti dengan mengganti piston dan ring piston yang seukuran.
Baca: Mengenal oversize boring/silinder

 Jika kerusakan hanya terjadi pada ring piston, karena sudah aus dan tidak dapat menutup dinding cylinder dengan rapat, maka perbaikannya cukup mengganti ring piston saja. Namun, proses menggantinya tetap cylinder harus di bongkar juga head nya.

 Lain halnya jika kerusakan hanya pada seal katup/klep. Cara mengatasinya cukup dengan mengganti seal katup saja tanpa perlu mengganggu atau mengganti boring/cylinder dan piston. Namun tetap saja harus membongkar cylinder untuk memastikan ring dan piston dalam keadaan baik.

 Namun demikian, akan lebih baik jika mengatasi knalpot berasap dilakukan dengan mengganti ke 4 jenis komponen penyebab knalpot berasap tersebut. Hal ini akan membuat mesin lebih awet. Sebab, ketika sobat mengganti salah satu diantaranya, maka salah satu yang lain cepat atau lambat akan aus. Hal ini akan menambah ongkos bongkar pasang mesin untuk perbaikan ulang.
Baca Juga: Mengenal skir klep, cara dan tujuannya

 Itulah berbagai penyebab dan cara atasi knalpot motor berasap. Semoga bermanfaat.
Baca juga: 6 Penyebab motor anda boros bensin


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Atasi Knalpot Motor 4 tak Mengeluarkan Asap"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel