5 Cara Atasi Goresan (baret) Pada Body Motor, Mulai Dari Yang Termurah - Ate Breaker

5 Cara Atasi Goresan (baret) Pada Body Motor, Mulai Dari Yang Termurah

 Sobat, merawat body motor itu memang gampang-gampang susah. Ya, mungkin kita sudah mencucinya dengan benar, menggunakan sampo khusus buat motor, tiap hari di lap, namun tetap saja ada goresan. Hal ini sering terjadi baik secara sadar atau tidak, baik karena gesekan body motor pada benda keras, atau bahkan jatuh kala berkendara.

 Body motor yang gores tersebut, tentu akan membuat penampilan motor nampak usang atau kurang terawat. Tidak hanya itu, body motor akan membuat nilai jual motor anda turun lho, terutama jika berniat menjualnya. Mengapa? Karena harga body motor atau tarif mengecat itu lumayan tinggi apalagi kalau kualitasnya original.
 Nah, cara memperbaiki goresan pada body sebenarnya cukup banyak, tergantung dari kebutuhan anda, misalnya hanya sekedar ingin menutupinya agar penampilannya cantik lagi, atau bahkan ingin menghilangkannya. Berikut admin mau kasih saran tentang cara menghilangkan goresan tersebut dari yang termurah.

1. Dengan media kompon (compound)
 Sederhananya, kompon itu sebuah gel/obat untuk menghilangkan cat lama lalu akan muncul cat baru pada bagian dalam. Apa hubungannya dengan goresan?
 Begini, untuk goresan yang halus (tidak terlalu dalam) dalam artian lain, goresan lembut yang hanya terlihat dari dekat, biasanya tidak sampai ke dasar cat. Jadi, cat bagian luar (yang terkena goresan) bisa dihilangkan dengan kompon, tujuannya agar goresan hilang dan yang nampak adalah cat dalamnya saja. Biasanya jika dilakukan dengan benar, akan membuat tampilan cat kembali seperti baru lagi.

 Cara menggunakannya, cukup balurkan kompon pada body motor dengan goresan halus tersebut. Lalu, gosok dengan lap, hingga cat terangkat. Cirinya, cat terangkat dapat menempel pada permukaan lap. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai cat dasar pada body motor juga terangkat.
Harga kompon ukuran kecil, biasa dibanderol 5000-7000an saja.

2. Menutupi cat dengan stiker

 Nah, ini lebih mudah dan praktis lagi yaitu dengan menutup goresan menggunakan stiker. Alih-alih menutup goresan, pada akhirnya body motor nampak di modifikasi dengan menempelkan stiker tersebut. Harga stiker pun cukup murah dan bervariasi, mulai dari 1000-puluhan ribu.

3. Menutupi cat dengan skotlet

 Skotlet bisa menutup goresan hingga tak terlihat, dengan kedalaman goresan yang cukup dalam. Jadi penampilan motor akan diubah dengan warna sesuai keinginan, termasuk warna yang sama dengan cat. Selain menutupi goresan, skotlet juga akan melindungi body dari goresan kecil.
 Kekurangan menggunakan skotlet diantaranya, harus ganti tiap beberapa bulan, karena cat bisa terangkat jika tidak diganti terlalu lama. Polet motor mau tidak mau akan hilang, sebab polet tidak akan menempel pada skotlet saat dipasang.
 Untuk memasang skotet juga harus dilakukan oleh profesional agar hasilnya bagus terutama tidak berkerut.
Baca juga: Cara unik, atasi kaca speedometer retak

4. Menggunakan cat/pilox
 Nah, ini cara yang admin rekomendasikan, yaitu dengan menghapus goresan dan mengecatnya ulang. Untuk lebih murah, bisa gunakan cat semprot, dengan harga dikisaran 25ribuan keatas. Tapi sebelum mengecat, goresan harus dihilangkan dulu dengan cara amplas. Agar lebih jelas, berikut caraya.


  1. Beli dan gunakan amplas halus (ukuran 3000), lalu amplas bagian yang gores yang akan di cat.
  2. Jika sudah diamplas, cuci dan jemur hingga kering.
  3. Tutupi bagian yang tidak ingin terkena cat, bisa menggunakan lap, lakban kertas, dll.
  4. Setelah siap, semprot cat pilox tadi, usahakan jarak menyemprot disesuaikan agar hasil catnya tipis.
  5. keringkan.
Catatan: Pertama, Jangan lupa untuk mendempul bagian goresan lebih dulu, jika goresannya sangat dalam, setelah dempul kering lanjutkan dengan amplas. Kedua, jangan lupa samakan warna cat semprot dengan cat body motor anda, jika beda cat bisa numpang. Bahkan, untuk beberapa warna, seperti merah maroon, harus menggunakan warna dasar dulu sebelum cat dengan warna yang sama.


5. Ganti cover body baru
 Tentu saja inilah cara paling efektif sedunia, dan tidak perlu admin bahas lagi.

Itulah 5 cara atasi goresan pada body motor, semoga bermanfaat.
Baca juga: Hati-hati jika ingin lurukan tuas rem bengkok

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "5 Cara Atasi Goresan (baret) Pada Body Motor, Mulai Dari Yang Termurah"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel