3 racikan pembersih kerak/karat mesin, bisa buat dirumah - Ate Breaker

3 racikan pembersih kerak/karat mesin, bisa buat dirumah

Karat atau kerak, umumnya muncul pada mesin bagian depan motor meliputi head, cylinder block dan beberapa bagian mesin lainnya. Bagian belakang meliputi blok mesin, jarang terkena kerak karena biasanya blok mesin ini dilapisi cat yang membuat karat tidak mudah menempel seperti yang terjadi pada bagian depan tsb.

Penyebab munculnya karat sudah pasti terjadi reaksi kimia disana, tapi bagaimana prosesnya kita gak usah bahas ya bro, soalnya ane juga gak tau..hehe..
Yang jelas, bagian depan mesin emang agak susah ngerawatnya, pas motor dicuci juga terkadang bagian ini sulit dibersihkan. Selain permukaannya bergelombang dan menjorok ke dalam, cover body yang terpasangpun membuatnya sulit dibersihkan.
Selain itu, air hujan dan air yang tersisa habis nyuci motor juga menjadi salah satu penyebab munculnya karat. Dan lama kelamaan, menjadi semakin mengerak dan sangat sulit dibersihkan jika hanya mengandalkan air dan sabun cuci biasa.

Sebenarnya alat pembersihnya cukup banyak namun harganya juga lumayan. Contohnya soda api dengan merek ***** harganya mencapai 35000 per botolnya, kalau beli 5 botol udah berapa tuh bro.hehe..
Nah pada kesempatan ini,saya coba bagi trik membersihkan karat pada mesin dengan cara yang saya pernah coba.

1.pakai deterjen dan air panas
  Cara ini paling murah dan simpel. Cukup sediakan 1 sachet deterjen bubuk lalu campurkan pada air panas secukupnya. Setelah itu, gunakan campuran sabun dan air panas untuk menggosok karat dengan sikat atau kuas cat hingga bagian karat tersebut hilang.

2. Bersihkan karat dengan air cuka.
  Sadar atau tidak, ternyata cairan asam seperti cuka bisa rontokan karat. Dan cukup efektif serta cepat. Caranya, siapkan cuka secukupnya. Siram pada bagian mesin yang berkarat. Lalu sikat bagian tsb dengan sikat wc atau kuas. Lakukan sampai bersih.

3. Membersihkan karat menggunakan blau 
 Tau blau? Sejenis sabun cuci jadul yang berwarna biru. Blau biasa digunakan sebagai pemutih pakaian di zaman dulu.
Cara menggunakanya, larutkan dalam air. Biarkan mencair dengan sendirinya. Gunakan air secucukupnya. Kemudian aduk sampai kental. Lalu usapkan ke bagian mesin dan biarkan sampai blau nya mengering dulu.
 Kalau sudah kering, bilas dengan air sembari menyikat bagian mesin tersebut hingga benar-benar bersih.
Lakukan berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah itulah ketiga cara yang bisa kang bro coba.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "3 racikan pembersih kerak/karat mesin, bisa buat dirumah"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel