Oli Gargan Warna Putih, Lakukan Cara Ini Untuk Atasi - Ate Breaker

Oli Gargan Warna Putih, Lakukan Cara Ini Untuk Atasi

 Sobat, beberapa kejadian pernah saya temui pada skuter matik pengguna soal oli gardan atau oli gear yang berwarna putih. Warna putih tersebut kental mirip air susu, atau lebih kental dari itu.


 Banyak yang bertanya, apakah oli bercampur dengan air? Ya bingung sih jawabnya sob, pasalnya saya juga gak tau,, WKK,, masalahnya, pada blok bagian gardan itu sangat rapat, dan jarang dobongkar, gak seperti blok CVT, atau blok kopling pada motor bebek. Soalnya yang membuat oli bisa masuk, biasanya kalau bagian blok sering dibongkar pasang, membuat paking atau gasketnya kurang rapat, atau sobek.

 Tetapi, pada bagian as pulley atau CVT itu memang masuk ke dalam gear box, ya walaupun ada oli seal disana, tapi kemungkinan besar air berasal dari situ. Kemungkinan air masuk dulu ke blok CVT dan terhisap ke sana.
 Tetapi kemungkinan lainnya, adalah kondisi oli yang sudah terlalu lama, alias masa pakainya habis. Lho kenapa gak gosong? Bukannya kalau oli kelamaan itu gosong ya kayak oli mesin?


 Oli mesin kan beda, letaknya berada di mesin depan, disana juga tempat pembakaran terjadi. Suhu panas mesin dengan gardan itu berbeda. Makanya, ketimbang gosong, oli gardan malah berubah warna putih.
 Begitu menurut pendapat abal-abal saya.

 Soal masa pakainya, sebenarnya tidak ada catatan yang menyebutkan kapan seharusnya mengganti oli gardan, dan berapa lama masa pakainya?
 Namun dalam hal ini, sebaiknya oli gardan diganti maksimal 2-3 kali penggantian oli mesin. Nah sobat masa penggantian oli mesin setiap produsen motor berbeda anjurannya. Namun rata-rata masa anjurannya setiap motor telah menempuh jarak 2000-3000km. Walaupun lebih cepat lebih baik, misalnya di jarak 2000km. Artinya, untuk masa ganti oli gardan jika 3x=6000km, tetapi lagi-lagi saya lebih anjurkan agar lebih cepat lebih baik sobat.
Baca juga: Berapa lama sih waktu ideal buat manasin motor?

 Selanjutnya, pernah satu kali ada pengguna yang mengalami hal sama (gardan berubah warna putih) untuk ke dua kalinya dia mengganti oli. Padahal, setelah warna olinya berubah (pertamakalinya) dia mengaku memajukan jadwal mengganti oli tersebut, tapi kok masih putih?

 Hal itu mungkin disebabkan sisa oli lama yang tidak terbuang. Makanya untuk mengatasi oli gardan yang berwarna putih, sebaikna gardan dibersihkan dulu.
 DIbongkar?
 Tidak perlu, cukup dengan mengurasnya menggunakan oli bersih saja, baik oli gardan, maupun oli mesin.

 Caranya, setelah oli lama dikeluarkan, masukan oli bersih tersebut dengan ukuran sesuai, misalnya honda beat 120ml, lalu hidupkan motor sesaat, 2-5menit. Setelah itu, buang oli, bersihkan dan ulangi cara diatas sampai oli benar-benar bersih dari warna putih.

 Nah sobat, setelah itu, dijamin gardan anda bersih dan tidak terjadi lagi saat mengganti oli. Asalkan ganti oli sesuai anjuran ya, sobat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Trik rombak mesin honda beat harian, 100%aman

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Oli Gargan Warna Putih, Lakukan Cara Ini Untuk Atasi"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel