Jangan Dulu Ganti Lampu Halogen Sebelum Baca Ini - Ate Breaker

Jangan Dulu Ganti Lampu Halogen Sebelum Baca Ini

 Malam sobat semua, seperti biasa admin mau coba bagi tips ganti lampu halogen buat motor.
Tapi sebelumnya, apa sih lampu halogen itu?
Hasil gambar untuk lampu halogen motor 12v 24 watt
via:pricearea.com
 Yang lampu halogen itu adalah produk after market dengan bentuk yang hampir mirip lampu pijar motor biasa, namun cenderung lebih tipis dan padat, serta cahaya yang ditimbulkannya lebih terang. Biasanya lampu ini dipakai sebagai alternatif bagi pencahayaan motor yang dirasa kurang terang.
 Apakah lampu ini banyak memakan daya? Justru yang terjadi malah sebaliknya, lebih hemat daya juga lebih awet. Apa alasannya? Mending simak dulu deh penjelasan mbah wikipedia di bawah.
 Menurut embah wikipedia, "Lampu halogen adalah sebuah lampu pijar di mana sebuah filamen wolfram disegel di dalam sampul transparan kompak yang diisi dengan gas lembam dan sedikit unsur halogen seperti iodin atau bromin. Putaran halogen menambah umur dari bola lampu dan mencegah penggelapan kaca sampul dengan mengangkat serbuk wolfram dari bola lampu bagian dalam kembali ke filamen. Lampu halogen dapat mengoperasikan filamennya pada suhu yang lebih tinggi dari lampu pijar biasa tanpa pengurangan umur. Lampu ini memberikan efisiensi yang lebih tinggi dari lampu pijar biasa (10-30 lm/W), dan juga memancarkan cahaya dengan suhu warna yang lebih tinggi".
Baca juga: Cara memasang saklar on/off lampu motor

 Nah sudah jelas kan? Tapi sebelum ganti lampu motor dengan halogen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah efek cahaya yang terlalu terang dapat merusak bagian reflektor lampu motor anda. Mengapa? Sebab, akan membuat suhu lebih tinggi di dalam reflektor tersebut, akibatnya bagian yang terbuat dari plastik bisa meleleh. Ditambah lagi kondisi lampu yang tidak dapat dimatikan akan sangat beresiko terutama saat anda menggunakan motor dengan waktu lama. Umumnya, bagian yang meleleh terletak pada lubang dudukan cangkoknya (fitting). Namun biasanya hal ini terjadi pada sepeda motor bebek dan skutik bermesin ringan seperti dibawah 125cc. Beberapa yang pernah saya temui diantaranya Xride, mio j, dan beat.
 Setelah diperiksa, ternyata sebagian besar menggunakan lampu berjenis halogen aftermarket ini, namun dengan kapasitas yang besar. Untuk itu, sebaiknya memperhatikan kapasitasnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Gambar terkait
via:bukalapak.com

Hal yang perlu anda perhatikan ketika mengganti lampu dengan halogen
 Nah, jika tidak ingin mengalami hal demikian yang akan menambah pengeluaran karena harus ganti reflektor, sebaiknya pilih lampu halogen yang akan dipasang terutama dari tegangannya. Sudah tentu yang pertama haruslah 12 volt apabila motor menggunakan pengapian DC dengan aki 12 volt. Kemudian sebaiknya maksimal menggunakan 25 watt dan minimal 18 watt. Tujuannya agar tidak menimbulkan suhu berlebihan, juga pencahayaan tidak redup.
 Jika lebih dikhawitirkan reflektor motor sobat meleleh.

 Nah itulah hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengganti lampu. Menggunakan watt yang lebih tinggi dari 25 watt mungkin akan lebih terang, namun dapat meningkatkan resiko melelehnya reflektor. Selain itu, mungkin artikel di bawah ini bisa semakin memperjelas mengapa reflektor motor bisa cepat meleleh.
Baca: Berapa lama sih waktu ideal buat manasin motor? Perhatikan hal ini

Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Jangan Dulu Ganti Lampu Halogen Sebelum Baca Ini"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel