Lampu Indikator Honda Beat Berkedip? Begini Cara Membaca Dan Mengatasinya - Ate Breaker

Lampu Indikator Honda Beat Berkedip? Begini Cara Membaca Dan Mengatasinya

 Hadirnya teknologi injeksi membuat sepeda motor semakin praktis seperti pada beat FI. Salah satunya bisa mempersingkat waktu servis motor, karena pada sistem ini berbagai komponen penting dapat langsung dikontrol baik menggunakan perangkat elektronik atau manual. Tidak hanya itu, teknologi injeksi juga diklaim lebih efisien bahan bakar dan lebeih efektif bagi performa motor.
 Nah salah satu cara mengontrol komponen penting motor yaitu dengan indikator mil, atau lampu indikator pada dasbor speedometer. Lampu indikator ini akan menerima sinyal dari ECU/ECM ketika salah satu komponen penting motor mengalami masalah yang akan diterima ECM melalui sensor-sensor pada tiap bagiannya. Sinyal ini dikirim berdasarkan kode kerusakan tertentu, yang ditandai dengan jumlah kedipan pada lampu mil/indikator ini. Setiap sesi kedipan menandakan jumlah kedipan yang menjadi kode kerusakan.
 Salah satu contohnya, indikator mil hond beat FI berkedip dengan jumlah kedipan 52. Artinya kode kedipannya adalah 52, sedangkan kode 52 pada honda beat adalah komponen CKP. Nah artinya, ECM memberitahukan bahwa ada kerusakan pada komponen tersebut. Dengan cara ini, tentu sang mekanik akan dengan mudah menemukan masalah yang terjadi pada honda beat tersebut dengan langsung memeriksa bagian tersebut.

Hasil gambar untuk dasbor lampu indikator beat
Gambar via:motoupdate1.wordpress.com

Cara Membaca Kode Kerusakan Pada Indikator Mil
 Agar kita mampu menterjemahkan pesan yang disampaikan ECU/ECM, maka kita harus memahami cara menghitung kedipan untuk mendapatkan informasi kode kerusakannya. Carnya sangat mudah, yaitu dengan menghitung jumlah kedipannya. Hanya saja, kedipan terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Kedipan panjang mewakili 10 kedipan, sementara kedipan pendek berarti 1 kedipan. Contoh, lampu indikator honda beat menyala dalam 1 sesi, yaitu dengan 3 kedipan panjang dan 2 kedipan pendek. Maka di dapat, 3x10=30+2= 32. Jadi kode kerusakannya adalah 32. Selanjutnya anda tinggal cari kode kerusakan 32 pada honda beat tersebut.
 Agar lebih jelas ini langkah-langkah mencari kode kerusakannya.

Baca juga:Penyebab Honda Beat Mati, Cek Dan Atasi Dengan Cara Ini
  1. Pastikan aki motor sobat dalam kondisi bagus, sebab lampu tidak akan menyala jika aki mati.
  2. Putar kunci kontak ke mode on
  3. Perhatikan lampu indikator, lampu menyala 1 detik merupakan kedipan panjang dan di hitung 10, sedangkan jika kurang dari 1 detik merupakan kedipan pendek dihitung 1.
  4. Hitung sampai kedipan berhenti lebih dari 1 detik (lebih lama dari kedipan panjang), karena kedipan berikutnya berarti mengulangi kedipan awal.
  5. Jumlahkan kedipannya dan dapatkan kode kerusakannya.
  6. Cari kode kerusakan berdasarkan kedipan tadi. Kode kerusakan akan saya tulis di bawah.
  7. Seelah kodenya cocok, segera periksa. Jika tidak ada yang cocok, hitung ulang kedipannya karena bisa dipastikan anda salah menghitungnya.
Kode-Kode kerusakan Honda Beat
Kode kerusakan tidak berurut dari angka 1-10 atau dari angka 1-100, tetapi kode hanya terdiri dari angka-angka tertentu saja. Dan berikut adalah kodenya yang merupakan bagian dari sensor-sensor honda beat injeksi.

Total Kedipan (kode)          Keterangan (bagian)
1= Manifold Absolute Pressure (MAP)
7= Engine Oil Temperature (EOT)
8= Throttle Position (TP)
9= Intake Air Temperature (IAT)
12= Injector
21= O2 Sensor
29= Idle Air Control Valve (IACV)
33= Engine Control Module (ECM)
52= Crang Position Sensor (CKP)
54= Bank Angle Sensor

Baca Juga: Mesin Belakang Honda Beat Berisik? Cek Penyebabnya Disini

Cara Mengatasinya
  Jika anda sudah berhasil menemukan kode kerusakannya, selanjutnya anda tinggal menuju ke bagian yang bermasalah tersebut. Tentunya anda harus tahu letak atau posisi sensor yang dimaksud dari kode kerusakannya agar lebih mudah. Dan berikut gambar mengenai posisi sensor-sensor motor injeksi honda beat.
Gambar terkait
gambar via:menyusurijalan.com

 Nah, selanjutnya silahkan periksa bagian tersebut, lalu perbaiki jika ada yang bermasalah. Umumnya, jika honda beat mati dan kode menujukan sensor CKP, maka anda tinggal membuka jok, karena sensor tersebut berada tepat dibawah jok dan bagasi beat FI. Selanjutnya, jika sensor tidak terlepas/rusak, coba cek kabel menuju sensor, atau kabel lain disekitarnya yang mungkin bisa membuat konslet.
Baca: Penyebab Dan Cara Atasi CKP Honda Beat Bermasalah
 Begitupun dengan bagian sensor lainnya. Intinya, tidak mungkin ada ECM memberikan tanda kerusakan jika memang tidak ada bagian sensor yang rusak. Kecuali ECM lah yang mengalami kerusakan. Itu saja semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga: Trik Rombak Mesin Honda Beat 100% Aman

70 Komentar untuk "Lampu Indikator Honda Beat Berkedip? Begini Cara Membaca Dan Mengatasinya"

  1. Permisi mau tanya.. Saya punya honda beat injeksi .motor mati pas saya mau pke ke sekolah. Setelah baca Sama persis kodenya 52 kata temen cuma prrlu di riset apa bener?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa gan,, kalo CKP pengapian pasti hilang.. mesti di betulin pengapiannya dulu,, coba periksa kabel ckpnya biasanya putus/tergores atau bagian soket putus nyambung (kurang klop)

      Hapus
  2. Kalau kedipan 7x apakah dengan hanya ganti oli kedipannya hilang...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung masalahnya gan,, sensor EOt bisa nyala disebabkan:
      1. Suhu mesin bermasalah (panas)
      2.Gangguan sama sensornya itu sendiri

      Sebaiknya pastikan dulu barangkali kabel sensor, socket sensor bermasalah, misal socket terhubung dan terlepas (umumnya demikian), jika sensor tidak bermasalah barulah cek mesin..

      Oli kurang, mungkin bisa membuat mesin panas,, tapi itu tak menjamin jadi penyebab satu-satunya panas mesin,, bisa juga karena kipas atau pendingin mesin bermasalah,,atau oli tidak naik, atau mesin pernah dikorek,,
      kalau boleh kasih saran, jika tidak terjadi pada masalah nomor 2 diatas, sebaiknya periksakan mesin motornya,

      Hapus
    2. Permisi saya mau tanya..motor saya beat 2015...7x kedipan plus tidak ada pengapiannya.penyebabnya apa

      Hapus
  3. Gan kedipan 7x pendek" sdh hilang stelah saya reset EOTnya, tp mesin lou panas tiba" mati sendiri trus dihidupkan langsung hidup. Mohon infonya gan.

    BalasHapus
  4. stelah hidup ada brebet atau normal gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor saya begitu bang. Sering mati sendiri.. sering brebet juga, knpa itu ya?

      Hapus
    2. Sama.. -_-. Ini ga brani jalan takutnya tiba" mati lagi..

      Hapus
  5. Kalo 2 kedipan mslh nya ap ya, soalnyo klo pas jln agk lama itu baru kedip pas brenti lngsng kedip 2 kali gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm, coba cek ulang gan, pas berenti,, putar kontak dari mode off-on,, tunggu sampe nyala mil awal berenti.. setelah beberapa saat kalau ada masalah pasti nyala lagi...
      Terus jika kedipan masih 2x apa dari kedipan satu menuju kedipan duanya lama? Jika lama berkisar 1,5-3 detik mungkin kode kedipnya 1,,, sensor map

      Hapus
  6. Motor saya beat fi tahun 2017 mati saat dikendarai indikator ga tau berapa x ngedipnya mati saya diamkan beberapa menit distater hidup lagi terus digas ga bisa langsung spontan jalan Ndut ndutan lalu mati lagi....saya diamkan agak lama saya start lagi bisa jalan sampai kantor kira kira apa kendalanya mohon solusinya...?

    BalasHapus
  7. Motor injeksi ane kedip 8 kali d gas brebet juga terus mati itu knpa ya.. cara bnerinnya gmna gan
    Mohon solusinya.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. honda beat kah? Berapa kedipan panjang+pendeknya?

      Hapus
    2. kalo pas 8 agan bisa cek sensor TP pada throttle,, kalo tak salah socket paling bawah,, sering putus nyambung tinggal dorog socket atau cek kabel sensornya barangkali putus,, kalau tetap coba reset TP

      Hapus
    3. Mas mtr sya mati kode kedip indikator ny 6 panjang 2pendek apa ny ya mas

      Hapus
  8. Beat fi esp saya mati, kedipan sensor 7x,kedipan 1-5 panjang dan kedipan 6-7 pendek, kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah di sensor eot gan,, coba cek sensornya di head mesin sebelah kiri bawah,, kadang sensor kurang rapat juga bisa berefek ke situ, atau bisa juga kabelnya terganggu. Kalo sensor dan kabel ok,, kalo gk ada masalh sama mesinnya/oli

      Hapus
  9. Hallo..
    1). Motor saya Vario Tecno 125 tahun 2012,, kedipan panjang 5 kali dan kedipan pendek 2 kali (jd jumlah kedipan 7),, apakah hitungan kode kerusakan nya jadi 51 ??

    2). Rumah kunci saya bermasalah,,

    Mohon pencerahannya...
    Dan solusinya,,

    BalasHapus
  10. hallo jga,, 5 kedip panjang artinya 5x10=50, 2 kedipan pendek=2 jadi kode 52,, 52 sensornya CKP,,
    Apa rumah kunci maskudnya kunci kontak?? seharusnya CKP tidak melalui kunci kontak, tapi lansgung menuju ECM,,,dan jika pengapian hilang itu karena ECM tidak menerima sinyal dari CKP..
    Sebaiknya perbaiki kerusakan CKP terkait kedipan tadi biasanya kabel bermasalah pastikan kabel dari CKP sampai menuju ECM.. barulah cek pengapian menuju kabel koil...

    BalasHapus
  11. Permisi gan mau tanya.motor beat saya lampu indikator injection mati total pada saat kunci posisi on.kira kira apa yg bermasalah ya gan ??....sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  12. Permisi gan mau tanya.motor beat saya lampu indikator injection mati total pada saat kunci posisi on.kira kira apa yg bermasalah ya gan ??....sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah kelistrikan banyak sebabnya gan,, pertama coba cek bagian sekring akinya barangkali putus,, atau akinya mati

      Hapus
  13. Maaf gan ane mau tanya nih... Honda beat esp ane ada masalah dan sering ngadat gak bisa di starter... Pas ane engkol lampu di spidometer langsung mati dan nyala lg, bersamaan lampu indikator nya menyala 3x... 1x nyala panjang dan 2x nyala pendek..

    Dan setelah di engkol seperti itu, selanjutnya ane off kunci kontak dan ane on lagi.. baru bisa di starter...

    Apakah hitungan kedipannya 12(injektor) atau ada masalah yg lain ?
    Thanks yah gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisa starter apa gk mau idup gan??
      kalo gk mau hidup setelah kedipan, ya bisa jadi itu masalahnya,, socket pada injektornya di cek gan, kadang putus nyambung juga bisa jadi penyebab (kurang rapat),,

      Hapus
  14. Gan kalo injeksi nya tidak berhenti berkedep trus itu masalah nya dmn gan

    BalasHapus
  15. Gan kalo injeksi nya tidak berhenti berkedep trus itu masalah nya dmn gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dihitung kedipannya gan, tiap sesi ada jeda sebelum kedipan diulang.. di artikel ada cara hitung kedipnya

      Hapus
  16. Gan motor saya mati jumlah kecipan ada 7 kedipan..
    Dan oli pun baru ganti apah yah penyebabnya??
    Mohon info nya gan🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa kabel sensor EOT gan, atau sensornya barangkali putus nyambung/longgar/kurang masuk,, biasanya terganggu disitu,,

      Hapus
  17. Gan motor saya beat fi kenapa ya putaran bawah brebet2 gajelas motor kadg kayak mau mati digas jalan lagi dan brebet lagi kira2 knpa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau brebet banyak penyebabnya gan,, bisa pengapian/kelistrikan juga perangkat/komponennya, bensin dll,, atau bisa coba reset dulu

      Hapus
  18. Saya punya beat fi th 2014 knapa ya stiap kali di start pasti g mau langsung nyala kaya berat gitu di dinamo start nya pdahal aki nya baru tpi klw udah panas enak di start mhon penceramahan nya.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. berat apa gk mau nyala gan? Kalau berat bisa cek artikel ini
      https://www.atebreaker.com/2018/12/cara-deteksi-dan-atasi-starter-honda.html

      Hapus
  19. Bang beat ane Kemarin indikatornya kedip 2x ,tapi tiba" lampu indikator nyala terus ga mati" saya off kontak trus nnyalahin lagi normal,itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedipnya masih ada gan? kalo kedipnya ada lagi coba hitung dulu

      Hapus
  20. Motor saya beat fi 2015 kalo kondisi kena air atau hujan pasti brebet dan mati lalu indikatornya kedip 7x. Mohon info dan penangananya seerti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kode 7 masalahnya di EOT, letaknya di head mesin sebelah kiri, barangkali kabel keganggu bisa di cek bisa sobek dan nyentuh groun, atau permukaan soket sudah tidak klop lagi.. untuk brebetnya mungkin bisa disebabkan banyak hal, termasuk permasalahan dari kabel sensor yang nyentuh ground dsb. Saran, perbaiki dulu sensor eot sampai tidak ada kedipan, kalau brebet masih ada baru periksa bagian lainnya. Semoga jawabannya membantu......

      Hapus
  21. Motor biet f1 sy nyala trus tidak kedik2 apanya yah

    BalasHapus
  22. Motor biet f1 sy nyala trus tidak kedik2 apanya yah

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum warahmatullahi wa barrokatuh.motor beat pop THN 2015 saya,mati sob,bs start tp ga mo hdp,lampu indikator nyala 1 x panjang,2 x cepat,masalahnya
    1.ga ada api ke busi
    2.minyak ga mau nyemprot di injector
    Mohon pencerahannya sob... Terima kasih...Wass Wassalamu'ala warahmatullahi wa barrokatuh... Budi Haryawan Suban jeriji...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum slam,, terimkasih sudah meluangkan waktunya di blog sederhana ini...
      Wah sebenarnya belum nemu sih sobat yang kode kedipan 12, tapi di keterangan ijektor, coba agan periksa semburan bensin sebelum injektor, bisa melalui soket di selang bensinnya (antara fuel pump-injektor), kalo normal (semburannya), sebaiknya periksa kabel injektor barangkali ada yag putus, atau soket ptus nyambung (soket/sensor injektor), pastika injektor nyemburin bensin dulu, atau bisa juga kerusakan pada injektornya sob,, kalo soal api hilang bisa disebabkan banyak hal, baiknya periksa pengapian dulu mulai dari kabel koil di busi,,

      Hapus
  24. Nanya bang maap agak gam sopan sama bang punya saya lampu ya hidup 7 kali udah tu suka mati2 dan brebet bang gimana bang solusi ya bang

    BalasHapus
  25. Nanya bang maap agak gam sopan sama bang punya saya lampu ya hidup 7 kali udah tu suka mati2 dan brebet bang gimana bang solusi ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah meninggalkan komentar,,,
      Sebelumnya untuk masalah 7 kedipan di sensor EOT,, kalau honda beat ada di bagian head mesin sebelah bawah.. Sobat bisa cek kondisi kabel barangkali ada yang putus, atau soket putus nyambung.. Cek bagian kabel sampai ECMnya, pastikan tidak terputus,,,Kerusakan pada sensornya juga bisa, tapi jarang...
      Kalo kedipan sudah tidak ada (berhasil diatasi) dan masih ada brebet, kemungkinan disebabkan hal lain... Misal pengapian dsb..

      Hapus
  26. Aslamualaikum motor saya mengalami kode mil 1x panjang 2x pendek itu apa masalah nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kode 12, injector,, kalo motornya mungkin masalah di soket, atau kalau motor mati, sobat bisa ccek bagian injektornya

      Hapus
    2. walaikum salam, itu kode 12, injector,, biasanya masalah di soket injektor, tapi kalau motor mati, sobat bisa ccek bagian injektornya

      Hapus
  27. Maaf mau tanya, kalau misalnya saat motor sedang berjalan, kemudian berhenti karena macet, lampu indikator suka berkedip ,dan saat digas brebet dibarengi kedipan lampu, tetapi saat dioffkan dan dionkan lampu indikator kembali normal, kira kira apa masalahnya ya ?

    BalasHapus
  28. lampu eco indikator apa indikator mil ya gan? Coba cek dulu,,
    Tapi kalau lampu indikator mil yang berkedip, bisa disebakan aki soak, atau konsleting kabel... Kalau eco indokator, tidak ada masalah,,,

    BalasHapus
  29. gan mau tanya, ane mtr beat pop kedip 1x dan berkedip gak terlalu lama . itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek soket sensor map di throttle body gan,, biasanya kurang masuk,, atau kabelnya putus,,

      Hapus
  30. Mtr bit sya mati mas lampu indikator ny berkedip 6 panjang 2pendek apa ny ya mas kira" sya takut kna cdi ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian sensor TP mas di throttle body di cek, atau memang sudah rusak,,

      Hapus
  31. Motor saya beat,kadang2 brebet waktu tanjakan sama jalan lurus,trus lampu indikatoe kedip tapi ngga ngitung ada brp banyak,trus m0tornya aku matiin,dihidupin lafi lampu indikatornya ngga kedip lagi,udah diulang2 ngga kedip2 lagi,
    Apa masih ada masalah sama motornya?

    BalasHapus
  32. misi min mau nanya.
    motor saya kok brebet kaya abis bensin trus mati nah kedip nya 3 kali cuma saya ga paham kedip pendek atau panjang nya..
    kalo boleh tau kenapa ya begiti?
    trimakasih

    BalasHapus
  33. Mimpi tentang Uang ? ini tafsir mimpinya gan https://angkamistik.net/tafsir-mimpi-uang/

    BalasHapus
  34. bang misalnya kalo kita lagi jalan tiba2 lampu injeksinya tiba2 nyala lama tanpa kedip itu apa berarti yah?

    BalasHapus
  35. Bos numpang tanya ni,motor saya beat fi,kendalanya
    1.lampu injeksi kedap kedip bos
    2.suka ngendat udh itu langsung mati mesinnya dan lampu injeksi kedap kedip,pas di stater gak di hidup,lalu kontak kuncinya saya off-on baru bisa di stanter,dan itu pun jalannya gak jauh dah mati, kadang hidup,sekali gas sikit mati
    3.kabel sensornya saya cabut,sebelum saya cabut penyakit no 2 itu udh memang rusak,lalu kabel sensornya saya pasang dan sekali di pasang gak kedap kedip tapi motor suka ngendat

    Tlng boss solusinya,saya takut dri ECM bos,tapi saya gak bisa pastikan karna kalau di ganti mahal dan belum tentu juga ECM nya,tlng bos solusi nya,semoga aja bukan ECM nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kedipnya masih suka muncul? kalo masih Coba dihitung jumlah kedipnya, caranya sudah saya tulis diatas,, gan,,,
      atau melihat gejalnya, cba agan reset TP,,

      Hapus
    2. Iya bg lampu injeksi nya hidup,kedipan nya 1-8 tapi kedipan 7 sama delapan itu cepat dan kedipan 1 sama 6 itu pelan,kira" apa tu bg yg rusakk?

      Hapus
    3. Iya bg lampu injeksi nya hidup,kedipan nya 1-8 tapi kedipan 7 sama delapan itu cepat dan kedipan 1 sama 6 itu pelan,kira" apa tu bg yg rusakk?

      Hapus
  36. Mas mau tanya ni kalo kode 12 kan injektorx tp ful pum yg dr tangki g menyembur bensin padahal ijektorx sudah sy ganti tp belum menyembur bensin jg....?mohon bantuanx...trmksih

    BalasHapus
  37. Mas mau tanya ni.. kode 12 kan injektorx knpa stelah sy ganti + soketx kok blum hidup trus ful pumx g nyembur bensin tp kodex tetap 12 mohon bantuan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan fuel pumpnya baik dlu gan,, bensin mesti nyembur pas kontak ke mode on,, bisa dicoba tanpa injektor dicek dari soket selang bensin atau tanpa selang dlu,,

      Hapus
    2. koreksi gan,, kalo kedipannya 5 lama =50, ditambah dua kedipan pendek=2, jadi kode kedipannya 52, itu CKP bukan injektor gan,,,,
      Ckp letaknya di dekat spul, honda beat emang sering putus kabel di CKPnya, monggo di cek

      Hapus

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel