Trik Rombak Mesin Honda Beat Harian 100% Aman - Ate Breaker

Trik Rombak Mesin Honda Beat Harian 100% Aman

Honda beat merupakan sepeda motor jenis skutik (skuter matic) keluaran honda, yang banyak disukai masyarakat indonesia. Sayangnya, motor ini hanya dibekali mesin dengan kapasitas 110cc. Walaupun demikian, tarikannya tidak bisa diremehkan begitu saja. Dengan body yang ramping,handling bagus juga bensin irit membuatnya terasa sangat seimbang dan nyaman ketika dikendarai harian.

Gambar terkait
Source: pinterest.co.uk

 Hanya saja, beberapa produsen motor khususnya kompetitor honda beat ini, kebanyakan berada diatasnya dari segi kubikasi cylinder. Sehingga, banyak pemilik motor ini memutuskan untuk mengupgrade atau rombak mesin. Rombak mesin sendiri, secara umum dibagi kepada rombak atau upgrade harian dan full upgrade.

 Upgrade harian maksudnya meningkatkan performa motor agar lebih bertenaga dari sebelumnya, namun tetap aman dan tidak mempengaruhi kinerja mesin maupun motor secara keseluruhan. Maksudnya, perubahan hanya dilakukan pada sebagian kecil komponen mesin saja dan tidak melakukan rombakan pada bagian yang beresiko menyebabkan ketidakstabilan motor, baik meliputi pengapian, maupun bahan bakar.

 Upgrade juga tidak menghabiskan biaya besar, sebagaimana merombak mesin dengan metode full upgrade. Ya, kira-kira itu yang saya sebut sebagai rombak harian berdasarkan pengalaman sendiri ya sobat, bukan copas atau niru-niru apa kata orang, tetapi murni hasil pembuktian sendiri. Juga bukan motor sendiri melainkan motor pengguna.

BACA JUGA
Lampu indikator mil honda beat berkedip? Ini cara membaca dan mengatasinya

Ini Cara Tambah Performa motor Tanpa Rombak Mesin

 Langsung saja untuk merombak honda beat harian, baik versi karburator maupun ijeksi biar tidak banyak yang ke gusur, sebaiknya lakukan rombakan pada bagian motor di bawah ini ya sob.

1. Piston
 Cara termudah menambah performa motor adalah dengan rombak piston dengan cara oversize. Oversize disini bukan sekedar memperbesar diameter piston dan kompresi saja, tetapi juga membuat kompresi lebih padat. Caranya yaitu membuat piston yang bagian permukaannya dibuat cembung. Lain halnya dengan piston standar honda beat yang permukaannya lebih kedalam atau cekung.
 Piston cembung akan membuat kompresi semakin padat dan sangat efektif menambah performa. Ditambah lagi, tidak membutuhkan rombak atau memperbesar jumlah bahan bakar atau pengapian sebagai maksud dari pemadatan kompresi saja.
Hasil gambar untuk piston for honda beat xb
Source:bukalapak

 Untuk memilih piston sebaiknya gunakan piston yang diameternya sama dengan honda beat saja. Agar lebih mudah, saya sarankan untuk menggunakan piston after marketnya. Karena permukaannya cembung dan pas saat dipasang jadi tidak perlu bubut atau rombak piston lagi. Sekarang banyakpiston aftermarket buat beat atau piston racingnya yang memiliki permukaan cembung. Seperti beberapa merek Npp atau Fim.
 Nah, agar tidak perlu overboss atau ganti selongsong, sebaiknya piston memakai yang diameternya sekitar 52-53,4.Ini sobat bisa pilih piston after market tersebut dengan kode size standar after market, 0,25 atau 0,50 (after market fim/npp).
Baca: Mengenal oversize boring/silinder

2. Noken As (chamsaft)
 Sebenarnya, untuk rombak harian cukup dengan mengganti piston saja, tetapi jika kurang puas, noken as bisa jadi bagian berikutnya yang dirombak. Mungkin sobat sudah tidak asing mendengar ganti noken as dapat menambah tarikan motor. Faktanya memang demikian adanya, sebab noken as dapat menjadi lebih ringan dengan daya hentakan lebih kaget. Tujuannya tetap untuk memadatkan kompresi dibanding noken as bawaan yang membuat klep terbuka lebih cepat.
 Agar noken as bisa lebih optimal bisa sobat bubut. Tapi saran saya sebaiknya pakai produk after marketnya saja biar lebih praktis dan lebih presisi.

Hasil gambar untuk noken as for honda beat racing
Source: bukalapak

3. Roller
 Roller terletak di bagian belakang tepatnya di dalam blok puli atau cvt. Pada pule primer bagian depan atau puli gerak, roler berada di belakangnya yang berfungsi sebagai penggerak rumah roller ketika menerima putaran mesin atau krug as.
 Nah, jika ingin meningkatkan tenaga atau akselerasinya, roler bisa diganti dengan berat yang lebih ringan. Originalnya memiliki berat sekitar 11,3gram dan bisa sobat ganti dengan 9 atau 7 gram. Tapi ingat, semakin ringa roller, tenaga semakin besar, namun top speed akan susah dicapai atau kurang. Jadi sobat bisa pertimbangkan dulu untuk menggantinya.

Hasil gambar untuk roller racing beat
Source:bukalapak

BACA JUGA
5 Piston yang cocok buat dongkrak performa honda beat harian

Rombak Mesin Vega ZR Buat Harian

 Sebagai tambahan, sebaiknya sobat melakukan rombakan dengan jasa profesional yang sobat percaya.Mulai dari korter untuk memasang piston, hingga bubut dan bongkar pasang mesin. Serta selalu bertanya akibat baik dan buruknya pada motor agar hasilnya maksimal.
 Selain itu, setelah melakukan perombakan perawatan motor juga harus lebih diperhatikan. Terutama masa pergantian oli bisa lebih dimajukan agar komponen mesin bisa tetap terjaga. Sekian artikelnya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Trik Rombak Mesin Honda Beat Harian 100% Aman"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel