Mesin Belakang Honda Beat Berisik? Cek Penyebabnya Disini - Ate Breaker

Mesin Belakang Honda Beat Berisik? Cek Penyebabnya Disini

 Honda beat merupakan motor produksi honda yang mulai diproduksi sejak 2008. Selama perjalananya, honda beat telah 3 kali beregenasi, mulai dari beat sporty (lama), PGM FI, dan Beat Street ESP.

 Body yang ramping, dan performa yang enak membuatnya menjadi motor paling banyak dimiliki masyarakat indonesa. Selain itu tingkat keiritan bahan bakar, serta onderdil/suku cadang yang melimpah juga menjadi pertimbangan bahwa motor ini memang layak dimiliki.

 Ada satu bagian honda beat yang banyak dikeluhkan pengguna, terutama adalah suara gertakan pada blok CVT honda beat ESP ini. Untuk mengatasinya, sebaiknya cek dan pastikan bagian ini.

1. Laher blok CVT.
 Laher ini berada menempel pada blok CVT. Kerusakan dapat ditandakan dengan suara gertakan/gredek saat motor hendak berangkat. Bagian laher ini dilengkapi dengan bos yang terbuat dari kuningan. Jika bos habis karena terkikis, suara pu akan terdengar sangat jelas.
 Ciri-ciri laher atau bos laher ini rusak adalah adanya serbuk kuningan yang bercecer diblok CVT ketika dibuka. Bagian bos terlihat menyusut, meruncing, bahkan habis. Segera ganti jika hal ini terjadi.
Hasil gambar untuk Laher CVT blok honda beat

Sumber gambar:iyaora.blogspot.com
Baca: Rahasia cara membuka laher blok CVT honda beat tanpa ribet

2. Rumah roler
 Rumah roler terletak pada puli bagian depan, yang menempel langsung pada as kruk as mesin. Rumah roler berfungsi menekan ven belt ketika mesin hidup. Kemudian ven belt akan tertarik lalupuley bagian belakang juga ikut tertarik, yang pada akhirnya roda pun berputar.
 Suara hentakan mesin seperti stang oblak, namn saat langsam (putaran bawah) biasanya kerusakan dialami rumah roler ini. Ciri lainnya bisa dilihat langsung rumah rolernya. Jika sudah dibuka, coba masukan rumah roler pada kruk as lalu cek apakah ada kelonggaran pada lubang yang menempel pada kruk as tersebut. Jika iya, bisa dipastikan rumah roler aus dan harus diganti.
Baca juga:
Trik rombak mesin honda beat harian 100%aman

Harga dan biaya perbaikan
 Untuk mengganti kedua bagian tersebut, maka anda harus bersiap untuk menghitung biayanya. Dalam hal ini, penulis tidak akan meberikan ongkos bengkel nya, karena beda bengkel pasti beda tarif. Tetapi hanya akan memberikan harga onderdil saja.

1. Harga laher blok CVT
 Seperti biasa sob, yang namanya perngkat mesin selalu agak berbeda dari segi harganya. Walaupun cuma laher, tetapi memang ada bos kuninganya sih, jadi wajar kalau harganya berbeda kan? Tapi jagan senang dulu, ternyata harganya memang lumayan mahal.
 Harga KW nya saja masih dikisaran 50-70 ribu. Itu yang Kw super macam aspira dan federal, tapi ada juga yang dibawah 50 rbu diatas 25 ribuan.
 Tapi jika ingin yang murah, cari yang bos nya bukan kuningan, tetapi besi laher biasa. Harganya cuma sekitar 10 ribuan. Sayangnya, bos dari besi sering merusak bagian as puleynya. Jadi pikir-pikir dulu sob.
Hasil gambar untuk Laher CVT blok honda beat
Laher CVT dengan blok tembaga, sumber:bukalapak.com

2. Rumah roler
 Untuk rumah roler, harganya bervariasi, karena honda beat banyak pilihan KW nya. Kalau mau yang murah, harganya mulai dari 55 ribuan. Sedangkan yang bagus harga mulai 85 ribu sampai 150 ribuan.
Hasil gambar untuk Rumah roller beat
Sumber:m.inkuiri.com

Sekian dulu artikelnya semoga bermanfaat.

Baca juga:
Lampu indikator mil honda beat berkedip? Begini cara membaca dan mengatasinya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mesin Belakang Honda Beat Berisik? Cek Penyebabnya Disini"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel