Inilah Cara Tambah Performa Motor Tanpa Rombak Mesin - Ate Breaker

Inilah Cara Tambah Performa Motor Tanpa Rombak Mesin

 Speda motor memang selalu menarik untuk dibahas, terutama saat utak-atik dan rombak. Ya, bagi sebagian orang yang tidak puas dengan motor standaran, tentu hal ini bisa menjadi solusi tanpa harus beli motor dengan spek yang lebih tinggi.

Hasil gambar untuk sprocket on cub
source:oldmotodude

 Salah satu yang paling sering menjadi masalah adalah performa. Seiring bertambahnya usia motor yang semakin lama semakin aus komponennya, tentu akan membuat performa menjadi berkurang.

 Cara terbaik untuk dongkrak performa motor bisa dengan melakukan upgrade atau bore up pada mesin. Namun terkadang bagi beberapa pengendara tidak melakukannya dengan alasan usia mesin akan jadi tidak awet, atau karena alasan biaya.

 Tetapi sebenarnya ada cara lain untuk menambah performa motor tanpa rombak mesin. Baik motor bebek atau matic, keduanya ada trik yang mungkin sudah anda ketahui atau belum sama sekali.

Motor Bebek/bergigi transmisi manual
Hasil gambar untuk sprocket on cub

Pada motor bebek ini, sobat bisa merombaknya lewat gear (sproket). Gear diciptakan sesuai hitungan antara mesin dan kemampuannya menarik roda belakang dengan tepat dan cepat. Maksudnya, besar kecilnya gear menyesuaikan putaran mesin motor, sehingga sepeda motor dapat seimbang antara top speed (laju maksimal saat putaran mesin tinggi), dan akselerasi (kekuatan/kemampuan mesin/torsi). Jadi, untuk menambah top speed atau akselerasi bisa kita mainkan lewar gear ini.
 Gear dapat dihitung, dan hasil hitungannya disebut final rasio. Final rasio inilah yang menjadi acuan terhadap penerapan gear pada mesin motor tertentu. Semakin tinggi final rasio, maka tenaga atau akselerasi motor semakin tinggi, dan semakin rendah final rasio maka top speed akan semakin bertambah. Keduanya tentu berdasarkan kemampuan mesin.
 Cara menghitung final rasio ini sangat mudah, sobat tinggal hitung mata gear belakang, lalu bagi jumlahnya dengan jumlah mata gear depan. Misalnya, mata gear belakang vega zr adalah 39, sedangkan mata gear depannya adalah 14, maka cara hitung final rasionya 39/14=2,7. Jadi final rasio gear motor vega zr tersebut adalah 2,7. Jika ingin ditingkatkan kecepatannya atau top speed nya, maka sobat harus ubah finalrasionya menjadi lebih keci, sebaliknya jika ingin lebih baik akselerasi (tenaganya) sobat tinggal naikan final rasionya lewat kombinasi gear depan dan belakang. Semoga paham ya sobat, hhehe.

Gambar terkait

BACA JUGA
Trik rombak mesin honda beat harian


Motor matic
 Nah untuk motor matic sendiri berbeda dengan bebek, karena pada matic tidak menggunakan gigi transimisi manual, melainkan otomatis. Rantai dan gear pada motor bebek, diganti dengan puli dan ven belt pada matic. Maka dari itu, jika ingin meningkatkan performa matic tanpa rombak mesin, sobat bisa mainkan pada puli ini.
 Sama halnya dengan rantai dan gear pada sepeda motor biasa, fungsi puli dan ven belt adalah sebagai penggerak roda belakang dengan sumber putaran mesin. Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan performa pada puli ini?

 Pertama, karena transmisinya otomatis maka kecepatan motor sangat bergantung pada putaran mesin, tetapi besar kecilnya putaran mesin disesuaikan secara otomatis oleh perangkat puli baik puli bagian depan (primer), maupun belakang (puley sekunder/CVT) yang terhubung oleh ven belt. Beberapa bagian yang perlu diubah yang terdapat pada puli diantaranya sebagai berikut:

Hasil gambar untuk Bagian-bagian puli primer
Sumber:hk2884.blogspot

1. Roller
 Pada puli bagian depan, terhubung langsung dengan kruk as, atau jika disamakan dengan motor biasa, ini berarti gear depan, namun lebih rumit karena berperan sebagai salah satu perangkat gigi otomatis.
 Bagian ini terdiri dari roler, yaitu berupa roda-roda kecil berjumlah 6 buah yang berguna untuk mendorong rumah roller maju dan mundur. Selain roler, terdapat juga rumah roler sebagai tempat dimana roler diletakan, sekaligus sebagai pencengkram ven belt, selain itu juga terdapat bagian penutupnya yang disebut dengan puli tidak bergerak.
 Roller berperan sangat penting untuk menekan rumah roler maju. Pergerakan roler tergantung beratnya, semakin ringan roler akan semakin cepat mendorong rumah roller, sebalikya semakin berat roller semakin lambat roler mendorong terutama pada putaran bawah mesin. Tapi, roller berat akan lebih enak pada putaran atas, sehingga top speed lebih mudah diraih oleh matic.
 Jika ingin menambah akselerasi motor matic, sobat bisa gunakan roller yang lebih ringan. Jika roler original memiliki berat 11,3gram (mio,honda beat), maka sobat bisa ganti dengan berat 9-5 gram. Namun jika tidak ingin motor susah mendapatkan top speed, biarkan saja bagian ini.

2. Per puli
 Pada puli beakang terdapat per untuk mendorong puli dan kampas otomatis. Saat puli terdorong ven belt, per puli memendek dan mendorong lingkaran otmatis, lalu kampas otomatis mengembang dan menyentuh mangkok otomatis. Lalu mangkok otomatis ikut bergerak memutarkan as gear box dan pada akhirnya memutarkan roda belakang.
 Agar motor lebih responsif, sobat bisa ganti per puli dengan RPM yang lebih rendah. Misalnya ganti per dengan 1000 rpm, 1500 rpm, atau 2000rpm.

Hasil gambar untuk Bagian-bagian puli primer
Sumber:mailan18.blogspot

3. Rumah roller
 Rumah roller (puli primer bergerak)juga bisa sobat rombak, dengan tujuan supaya bagian ini lebih responsif ketika menerkam, atau mencengkeram ven belt. Caranya yaitu dengan membuat jalur roler lebih dalam dan lebih panjang, sekaligus menambah kemiringan permukaan depannya. Logikanya, jika permukaan lebih miring, maka ven belt akan semakin cepat bergerak terutama saat menarik tuas gas alias mesin menuju putaran atas.
 Untuk ukurannya bisa sobat diskusikan dengan tukang bubut, tetapi sobat bisa coba membubut kemiringan sekitar 2,6 derajat, juga coak atau perdalam rumah roller sedalam 1-2mm. Tapi sobat harus hati-hati membubut bagian ini, karena jika terlalu banyak, sepeda motor malah tidak bisa lari.

Sekian dulu artikelnya, semoga berguna.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Tambah Performa Motor Tanpa Rombak Mesin"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel