Penyebab Honda Beat Mati, Cek Dan Atasi Dengan Cara Ini - Ate Breaker

Penyebab Honda Beat Mati, Cek Dan Atasi Dengan Cara Ini

 Honda Beat merupakan sepeda motor jenis matic keluaran honda yang mulai meluncur tahun 2008 silam. Sejak peluncurannya hingga saat ini motor ini sudah beberapa kali melakukan penyegaran dan penambahan fitur. Secara garis besar, tercatat beat sudah 3 kali bereinkarnasi, mulai dari beat sporty (lama) dengan pengolah bahan bakar karburator, beat ESP (Enhanced Smart Programe) dengan sistem PGM FI (Programmed Fuel Injection) dan beat street atau beat pop.

Hasil gambar untuk Honda Beat foto bebas hak cipta

 Di tengah peralihan dari motor jenis cub ke matic dari segi minat konsumen, beat perkasa dengan menguasai pasar sepeda motor matic indonesia, hingga 2017 kemarin. Tanpa terkalahkan, maka tak ayal jika motor ini merupakan raja skutik (skuter matic) di Indonesia.

 Saya kira cukup bernostalgianya dengan motor ini ya sob, sekarang kita langsung kepada beberapa penyebab yang dapat membuat motor ini mati. Karena perbedaan PGM FI dan Karburator cukup banyak, maka saya akan bagi kedalam 2 bagian, yaitu beat sporty dengan tipe karbuarator, dan beat ESP dan POP dengan tipe PGM FI.

Beberapa Penyebab Honda Beat Sporty Mati

 Seperti yang sudah saya bahas, beat sporty menggunakan karburator sebagai pengolah bahan bakarnya, jadi secara keseluruhan, proses perbaikan dan pelacakan motor hanya bisa dilakukan dengan cara manual dengan mengecek satu persatu bagian-bagiannya. Untuk itu, penyebab honda beat mati akan saya bagi ke dalam beberapa poin/bagian, sebagai berikut.
Hasil gambar untuk full skema pengapian honda beat
source:bengkelsepedamotor.com

1. Pengapian
 Pengapian merupakan semua perangkat/komponen yang berguna menciptakan api dalam rangka membakar bensin (bahan Bakar) di dalam cylinder. Sepeda motor dan mesinnya bisa hidup akibat adanya proses pembakaran api dengan bahan bakarnya adalah bensin, lalu penyulut apinya adalah perangkat pengapian, melalui busi. Busi bisa mengeluarkan api karena disuplai oleh perangkat lainnya yang sistematis. Khusus honda beat, rangkaian pengapiannya melalui:

  1. Spul, sebagai pencetus api,dibantu Pulser sebagai pengatur timing percikan api.
  2. Regulator atau kiprok,
  3. Aki
  4. CDI
  5. Koil
  6. Busi
 Jika salah satu komponen diatas mati, atau terganggu maka pengapian akan terhenti dan motor otomatis tidak akan hidup. Untuk itu, sobat bisa cek mulai dari busi. Jika pengapian baik, cek kesehatan busi dengan membuka dan membersihkannya, atau ganti busi dengan yang baru.

 Untuk cek pengapian sebelum busi, bisa coba cek kabel koil. Caranya, buka kabel busi dan hubungkan dengan ground bisa ke bodi mesin, lalu starter motor, jika ada percikan api berarti pengapian masih baik. Sebaliknya, jika pengapian tidak ada, maka pengapian ada masalah. Lakukan pengecekan pada 6+pulser+kabel-kabel pengapian.

Untuk cek komponen agar lebih mudah, sebaiknya pakai/pinjam komponen pengapian honda beat lain dan cek satu persatu. Tapi saya akan posting cara cek komponen pada postingan berikutnya.

Baca juga:


2. Karburator
 Jika sobat belum paham dengan karburator, postingan saya yang ini telah menjelaskannya. Sederhananya, karburator adalah komponen yang berfungsi mengolah bahan bakar sebelum masuk ke ruang cylinder. Jika bahan bakar mengalami masalah dan tidak sampai cylinder, maka otomatis proses pembakaran tidak bekerja. Untuk itu, sebaiknya cek dan pastikan karburator bekerja dengan baik dan pastikan bensin dapat turun menuju cylinder. Cara melihat bensin turun menuju cylinder adalah dengan membuka busi. Jika motor telah sering di starter, maka bensin akan turun menuju cylinder, kemudian akibat motor tidak bisa hidup, membuat bensin penuh di dalam cylinder tersebut dan membasahi busi. Intinya, jika saat busi dibuka dalam keadaan basah, maka bensin turun dengan baik. Jika tidak basah, berarti ada masalah dan anda harus membuka dan servis karburator.
 Selain itu, anda juga harus pastikan bahwa karburator mendapat bensin dari selang valve dan tangki.

3. Katup/kelep bocor
 Jika nomor 1 dan 2 dalam keadaan baik, kemungkinan berikutnya ada pada mesin bagian head yang meliputi katup/kelep. Jika belum paham mengenai definisi dan cara kerja klep, sobat bisa pelajari di link ini. 
 Klep yang bocor dapat membuat kompresi jadi tidak sempurna. Baik klep in dan klep out, keduanya memiliki timing/waktu kapan harus membuka dan menutup. Pada klep bocor ini, keduanya bisa terbuka kapan saja, Hal inilah yang membuat kompresi terganggu dan motor tidak bisa hidup.
 Untuk mengatasi klep aus, mesin atau head harus dibuka lalu klep di skir agar tidak bocor.
Baca: Cara skir klep

Penyebab Honda Beat FI Mati 

Sebelumnya akan saya jelaskan perbedaan beat FI dan Karburator terlebih dahulu. 
 Lanjut menuju beat FI meliputi beat ESP dan Beat Street (pop). Pada tipe injeksi, perbedaan paling mendasar adalah pengolah bahan bakarnya yang terpisah. Jika pada karburator bahan bakar masuk kedalamnya dan diolah bersama gas di dalam karburator tersebut. Pada injeksi, karburator hanya berfungsi mengolah gas, sedangkan bensin disuntikan langsung kedalam intake melalui noksel. Kemudian keduanya bercampur di dalam intake, sebelum akhirnya masuk ruang cylinder.
 Perbedaan lainnya terletak pada pengapian dan kelistrikan. Pada sistem injeksi, pengapian dilengkapi sensor-sensor atau perangkat elektronik yang dihubungkan pada satu terminal yang bertindak sebagai otak/ECU. Sensor-sensor dari berbagai komponen menyampaikan informasi pada ECU untuk diolah, lalu diputuskan dengan perintah menjalankan komponen-komponen tersebut.
 Perbedaan selanjutnya adalah peran aki yang sangat sentral. Mengingat perangkat elektronik yang perlu menggunakan daya aki untuk bekerja, maka perannya menjadi sangat penting. Jika aki lemah atau soak, otomatis sistem kerja perangkat elektronik ini akan terganggu. 
Dan inilah beberapa komponen yang dapat membuat honda beat FI mati.


Hasil gambar untuk beat esp bebas hak cipta

 Sebenarnya, mencari penyebab honda beat mati tidak sesulit beat karburator. Pada beat FI, pertama bisa cek lampu indikator. Jika lampu indikator berkedip beberapa kali pada saat kontak dihidupkan, tandanya ada gangguan pada salah satu atau beberapa komponen. Tentunya bisa menyangkut komponen pengapian ataupun noksel.
 Cara membaca kode lampu indikator beat FI adalah dengan mengkontakan motor, dan lihat kedipan lampunya. Kedipan terbagi dua, yaitu kedipan panjang dan pendek. Kedipan yang berlangsung kurang lebih 1 detik sebelum kedipan kedua, maka artinya itu kedipan panjang. Kedipan yang berlangsung cepat kurang dari 1 detik sebelum kedipan kedua, artinya kedipan pendek. Kedipan panjang artinya 10, sedangkan kedipan pendek artinya 1.
 Contoh, Lampu indikator berkedip 5 kali kedipan panjang dan 2 kali kedipan pendek, maka dapat disimpulkan 5x10+2=52, maka kode kodipannya adalah 52. Kode 52 untuk honda beat adalah sensor CKP, yaitu sensor yang terletak pada kabel spul, entah karena kabel putus atau soket terlepas, yang pasti sobat harus cek bagian nya sesuai kode lampu kedipan indikator. Kode-kodenya sobat bisa cek di halaman ini.
 Jika lampu indikator tidak menyala, tapi pengapian hilang, sobat bisa cek sesuai yang telah jelaskan pada mencari penyebab beat sporty diatas, meliputi busi, koil, regulator dan spul juga kabel body.

2. Noksel
 Noksel berguna menyemburkan bensin yang telah dipompa fuel pump pada tangki bensin. Bensin yang tidak berhasil mencapai noksel dapat dilihat dari soket noksel. Caranya, buka soket dan kontakan motor, jika bensin tidak menyembuar artinya ada masalah pada fuel pump.

3. Fuel Pump (rotak)
 Pada injeksi, bensin diambil dari tangki dengan cara dipompa oleh fuel pump. Jika bagian ini mengalami masalah, maka bensin akan terhenti. Beberapa masalah umum pada fuel pump adalah soket sensor, dan saringan filter bensin. Jika terjadi pada saringan maka rotak harus diganti baru.

4. Katup/klep
 Untuk masalah katup, sama halnya dengan beat sporty. Jadi katup harus di skir.

5. Aki
 Pada injeksi, peran aki lebih penting, yaitu sebagai penyuplai utama daya untuk menjalankan komponen elektrik. Salah satunya, pada fuel pump. Fuel pump membutuhkan aki saat kontak dihidupkan. Tanpa aki, bagian ini tidak bisa memompa bensin. Jika hal ini terjadi, tentu motor tidak bisa hidup alias mati.

Baca juga:



 Itulah bagian-bagian yang dapat membuat honda beat mati. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Honda Beat Mati, Cek Dan Atasi Dengan Cara Ini"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel