Penyebab Motor Kurang Tenaga (ngeden),berebet serta Cara Mengatasinya - Ate Breaker

Penyebab Motor Kurang Tenaga (ngeden),berebet serta Cara Mengatasinya

Banyak sekali pengguna sepeda motor yang mengeluhkan masalah performa atau tenaga yang mulai hilang, seiring bertambahnya usia motor. Tentu hal ini menjadi sesuatu hal yang kurang menyenangkan bagi pengguna terutama mereka yang sehari-hari menggunakan sepeda motor untuk membawa barang dsb.
 Sebenarnya, hal ini tidak disebabkan 2-3 faktor saja, tetapi bisa beberapa faktor dan harus ditangani segera semua penyebabnya, atau bisa diatasi hanya dengan beberapa trik saja.
 Karena banyak sekali jenis sepeda motor serta kondisi sepeda motor yang berbeda-beda, serta tidak bisa begitu saja ditebak, maka saya akan coba jelaskan penyebab secara umumnya saja, serta cara memperbaikinya sesuai yang sering saya kerjakan dan saya temui. Harus dengan perbaikan secara nyata agar penyakit motor bisa ditangani dengan tepat.
 Penyebab motor kurang bertenaga ini saya bagi kedalam tiga macam, yaitu motor normal namun tenaga berkurang, brebet saat putaran bawah, serta brebet saat putaran atas atau di gas.
Baca Juga: Trik rombak mesin honda beat harian, 100%aman

1. Motor normal tapi berat
 Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan hal ini antara lain:

  • karburator kotor,sudah rusak
  • salah satu komponen pengapian alami kerusakan, terutama CDI dan Kiprok (untuk DC)
  • Perangkat Head Alami kerusakan, Meliputi; kelep,noken as, atau pelatuk kelep
  • Perangkat piston, meliputi Cylinder, Piston, ring piston alami penyusutan 
Cara mengatasi
  1. Karburator. Karburator yang kotor dapat menyebabkan motor ini tidak bertenaga.Penyebabnya, bisa saluran bensin tersumbat, sehingga pencampuran bahan bakar dengan udara terganggu. Atau bahan bakar dan udara, ukurannya tidak sesuai kebutuhan mesin. Bersihkan bagian ini, atau coba ganti baru agar performa kembali normal.
  2. Salah satu komponen pengapian yang tidak normal terutama CDI akan berpengaruh pada tenaga,hanya saja ini biasanya hanya berlaku bagi motor dengan pengapian DC. CDI yang lemah tidak hanya membuat motor mati, terlebih jika listrik aki masih bagus, motor akan tetap hidup. Begitupun dengan kiprok, jika ada lemah dapat membuat performa terganggu, walau kebanyakan dari kiprok yang lemah menyebabkan motor brebet, tapi ada sebagian kecil yang berakibat hanya performa saja yang berkurang. Jadi segera lakukan penggantian CDI jika telah rusak, namun sebelum beli, sebaiknya cek dulu.
  3. Bagi beberapa motor matic, terutamma yamaha mio dan sejenisnya, fenomena lemahnya motor ini hampir bisa dipastikan terletak pada head, yang meliputi noken as, klep bocor, dan pelatuk kelep. Ketiga bagian ini biasanya aus dan harus segera diganti. Walaupun terkadanag, kejadian ausnya bagian ini bersamaan dengan ausnya piston terutama ringnya. Khusus untuk bebek, biasanya noken as yang paling pertama jadi penyebab. Maka coba buka dan ganti jika rusak.
  4. Perangkat piston terdiri dari piston, ring piston, dan cylinder tempat piston bergerak. Rusaknya piston dapat dicirikan dengan asap putih yang keluar dari knalpot saat hidup. Hal ini terjadi karena ada kebocoran di dalam cylinder yang membuat oli pelumas dari belakang piston masuk ke depan tanpa bisa di lap oleh ring piston. sehingga oli ikut terbakar dan menimbulkan asap.Kebocoran ini juga membuat kompresi berkurang dan mengakibatkan motor jadi kekurangan tenaga.Cara mengatasinya, ganti ring piston(jika cylinder masih bagus) namun jika cylinder rusak, maka boring harus dikorter.

2.Motor brebet saat putaran bawah
 Jika terjadi motor brebet saat putaran bawah, kemungkinan kerusakan ada pada karburator,konsleting,busi, dan beberapa  pengapian lain. Adapun penyebab dan cara mengatasinya, sya coba jelaskan sbb:
  1. Karburator. Karburator bisa menyebabkan brebet saat putaran bawah ketika, bensin yang keluar lebih kecil daari udara. penyebabnya, bisa saluran bensin tersumbat atau ada air yang ikut tercampur dengan udara. Cara mengatasinya, coba perkecil udara dengan setting baut angin kearah dalam,dan coba hidupkan, apa brebetnya masih ada? kalo hilang, berarti ada penyumbatan saluran bensin. Bongkar karburator dan servis jika hal tsb terjadi.
  2. Konsleting. Konsleting dapat menyebabkan arus listrik yang dihantarkan ke busi jadi terganggu. arus bisa hilang sesaat dan muncul lagi. Untuk pengapian dc, hal ini dapat merusak komponen pengapian jika tidak segera di perbaiki. Cara memperbaikinya, cari dan lacak bagian kabel body, konleting berlaku bagi motor pengapian dc, seluruh kabel body yang konsleting dapat mempengaruhi arus keluar busi ini. Sedangkan bagi pengapian AC, cukup cari konsleting di jalur arus jalan saja.
  3. Busi. Busi yang lemah juga dapat menyebabkan hal demikian, sebelum akhirnya mati. Maka, cobalah buka dan bersihkan busi secara berkala, dan usahakan membuka busi dulu sebelum membuka bagian lain. Busi yang lemah, umumnya ditandai dengan apinya yang merah,ngawur dan tidak fokus. Api yag bagus akan keluar warna hijau menayala. Ganti busi jika dirasa sudah lemah.
  4. Pengapian lain yang saya maksaud adalah beberapa komponen pengapian yang dapat mempengaruhi brebet pada putaran rendah, salah satunya CDI. Jika lemah, CDI juga bisa memberi efek mengeluarkan arus patah-patah, Cara mengatasinya, coba gunakan komponen CDI dari Motor lain. Atau tes arus menggunakan avometer.
 3. Motor Brebet pada Putaran atas
 Motor brebet pada putaran atas, atau saat di gas, terjadi karena beberapa sebab. Diantaranya adalah sbb:
  1. Karburator,atau bensin yang keluar lebih besar dari udara dapat menyebabkan hal ini terjadi. Selain itu, bensin yang terlalu boros, atau terlalu irit juga dapat menyebabkan hal demikian. Cara mengatasinya, coba stel baut angin, dimana letak enaknya. Jika sudah normal, lihat apa baut angin ada di dalam atau diluar? Jika diluar, maka bensin terlalu terlalu boros, sebaliknya, jika di dalam berarti terlalu irit. Cara mengatasinya, coba bongkar karburator dan modifikasi sedikit pada main jet untuk mengatur besaran bensin yang keluar.
  2. Koil. Koil adalah perangakt pengapian yang meneruskan arus dari CDI sebelum masuk ke busi. Jika lemah, biasanya akan tidak bekerja saat menerima arus besar dari mesin putaran atas. Cara mengatasinya, coba ukur dengan avometer, atau coba ganti koil dengan yang baru.
  3. Oli. Oli juga dapat mempengaruhi mesin putaran atas, jika oli sudah tidak mampu melumasi mesin saat putaran atas. hal ini terjadi akibat, tingkat kekentalan yang mulai habis atau adanya penyusutan oli yang kurang dari takaran sesuai kebutuhan mesin. Coba gsnti oli tsb.
 Untuk mengatasi performa yang kurang maksimal, sebenarnya, dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan oversize piston. Naikan sesuai selera anda, maka masalah performa akan meningkat. Namun jika ingin merombak motor sebaiknya berhati-hati, karena akan memakan biaya yang tidak sedikit. Pada bebrapa postingan sebelumnya, saya sudah posting beberapa cara merombak mesinnya, silahkan sobat cari kalau mau.
Baca: Mengenali oversize/korter silider/boring

 Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki masalah brebet, kurang tenaga dan lainnya. Jika ada keluhan, silahkan berkomentar, agar kita bisa sharing. Semoga dapat membantu mengatasi maslah yang terjadi pada motor anda.

46 Komentar untuk "Penyebab Motor Kurang Tenaga (ngeden),berebet serta Cara Mengatasinya "

  1. Mau nanya??
    Klo beat karbu saat gass poll telat respon/ ngosong. .. maslahnya dmnaa ya??

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan beat saya abis ganti piston kaze 25 ko berebet terus gimana ya,karbu normal" Aja

    Kali ada yang bisa jelasin? Thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas... Cek di spuyer nya,kebanyakan yg udah di bore kalo settingan karbu stdr kurgg buat si mesin, ane jga make beat, setting ulang kaburnya aja cba, klo masih brebet ganti mj pj nya naikin 1 atau 2 step mass..

      Hapus
  3. asalamualaikum bos kan motor jupiter burhan kita abis ganti seher 50 tuh ko jadi ngeden yah ga kaya biasanya..


    kali tau bos#terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales gan,,, mongo dicek titik topnya pas pasang head,,,, atau kalo baru naik mesinnya, apa sudah inreyen?takutnya korteran masih padat,,,

      Hapus
  4. Mau nanya bro
    Sya punya beat karbu
    Kalo digas poll kayak ngosong,ngeden,telat respon,knalpot nembak
    Pdhl udahganti karbu, sudah dites : coil,cdi kiprok ke motor tmen
    Tapi sama aja masih
    Solusi maslahnya dmna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya, abis turun mesinkah?

      Hapus
    2. Iya gan
      Tapi topnya udah pas
      Soalnya prnah sya ke 3 bengkel. Tapi sama aja gitu lagi
      Klo karbu sya di pake ke mtor tmen normal gan
      Api motor sya jufa besar
      Truz kalo panas baru menonjol rasanya brebet

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah dicoba semua,, agan bisa coba ganti cop busi nya,, kadang kalau bocor apinya ngefeknya sama

      Hapus
    2. Ya gan makasi
      Tapi kalo udah di ganti masih aja
      Kalo menurut side kirA2 apa aja komponen2 yg terkait?

      Hapus
  6. Ya gan makasi
    Tapi kalo gitu lagi
    Yg terkait kira2 komponen apa aja menurut bro ?

    BalasHapus
  7. Kalo udah di ganti ...
    Klo masih kira2 komponen apa aja penyebabnya gan ??

    BalasHapus
  8. Barangkali di kabel body,, kalo yg udah pernah ditemuin banyak macamnya gan,, gk cuma pengapian,, misalnya di mesin ada kampas otomatis, atau noken as aus,, atau klep udah pada bocor, ngefeknya hampir mirip gan,, saran sih biar lebih yakin di cek ke bengkel resmi aja,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klep udah di skur ulang .. gk ada bocor.. kalo kabel2 udah di cek mulus aja.
      Udh sya ke 3 bengkel .. hasilnya gitu lagi
      Kalo panas baru dia gitu kayak ada jeda sbentar
      Kalo spull/pulser gimna biasanya kendala nya gan?

      Hapus
  9. Tapi gan klo udah panas baru menonjol kayak jeda sesaat gitu
    Kalo dingin gk terlalu merasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pulser bisa aja gan,,, tapi kalo saya biar lebih yakin di kabel body,, pengapian dirangkai aja, mulai dari spul+pulser, CDI, +aki, terus ke koil ,, tapi resiokonya mesti potong kabel.. kalo docba normal, berarti ada masalah di kabel body, soalnya susahnya itu kalo ada kabel yang putus nyambung ditengah atau konslet karena sobek ke body. dengan catatan kalo semua komponen pengapian benar-benar bagus gan,,,

      maf gan sebelumnya, apa komen atas yang tanpa nama milik agan? soal ganti piston pake kaze?

      Hapus
  10. Tidak gan
    Mesin sya standar oversize 50 piston asli
    Tapi gan knapa kalo mesin udah panas baru jeda/ngosongnya timbul?
    Padahal udah sampe 3 tahun sampe ini jeda/ngosong

    BalasHapus
  11. Bukan gan
    Padahal kalo prjlanan jauh normal aja gan
    Tapi tetap jeda ngosongnya.
    Tapi knpa kalo mesin udah panas aja dia gitu jeda ngosong
    Kalo dingin ndak bro.
    Udah 4 tahun dia gini mtor sya gan
    Ttep aja gitu..
    Makanya sya bingung gan maslahnya dimna😧
    Ndk nyaman sya pke mtornya..
    Minta tolong skali apaa aja yg harus cek bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip, biar lebih enak, coba merapat ke WA gan, nomor saya ada di halaman kontak

      Hapus
  12. Bro udah ganti spull pulser baru.. masih aja
    kalo cdi gejalanya gimna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Aja gan,, kalo panas kendalanya, koil bisa dicoba

      Hapus
  13. Maksud nya?
    Intinya smakin panas smakin menonjol jedanya. Kalo tengah sampe atas enak .. ndk ada kendala.. cuma itu di rpm rendahnya
    biasanya cdi/coil gan?

    BalasHapus
  14. Kalo panas brebet ada jeda di putrn rendah biasanya penyebabnya cdi/coil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya salah satu gejala koil lemah juga begitu motor ngendat pas pans,,,, Intinya pengapian lain macam CDI, konslet dikabel bodi juga gejalanya bisa kayk gitu, jadi mesti diperiksa gan,,,

      Hapus
  15. Udah di priksa kabel body di urut .. normal ndk ada yg putus
    gini bro..
    awalnya brebetnya di putaran tengah..
    pas sya pake cdi tmen hasilnya di mtor sya,brebetnya di rpm rendah jadinya..
    apakah mau di bli'in baru cdi nya.. soalnya tu kan cdi tmen udh lama jugak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo soal beli ato nggaknya sih tergantung agan,, tapi kalau CDI di motor temennya normal, apalagi CDI original mestinya di motor agan juga normal gan, gk ada lagi brebet...

      Hapus
  16. Iya sih
    Truz coil udah di tes juga punya tmen
    ndk ada prubhan
    Karbu udah baru
    Kalo bagian kop mesin apa aja yg di cek?

    BalasHapus
  17. Ya sih
    Truz apanya gan?
    udah sya bawa ke bengkel lagi.. tapi ndk ada prubhn lagi gan. .
    klo bagian kop apa aja komponennya ?

    BalasHapus
  18. Iya sih.. pas jeda nya itu ada bunyi kayak ada di bagian bawah jok gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi kletek kan? Apa cop businya udah coba diganti gan?

      Hapus
  19. Ya. Udah gan
    Kalo noken as, klep bocor pengaruh gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja gan,,, itu suara yang muncul dari mesinkah atau suara strum konslet gan?

      Hapus
    2. Kalo bunyi setrum .. knapa pas sya cek waktu ada jeda .. ttep xambung aja listrik koil nya.. ndak putus2.

      Hapus
    3. Gan sya dapet solusi nii
      emg kalo manifold bocor/karetnya retak emg gejalanya ,pengaruh gk pas ada jeda nya tu?
      Soalnya kalo dingin, motor sya harus di gas saat di hidup kan
      kalo idah panas lamsam nya naik turun..???

      Hapus
    4. Bocor manipul biasanya bikin gas kenceng/langsam tinggi terus,, dicoba aja gan

      Hapus
  20. Punten mas mau tanya
    Motor ane beat karbu trus saya ganti seher 54.5
    Ko jadi brebet yah kaya bensin nya ga turun
    Karbu sudah saya cek ok, sampe pake karbu 26 tetep brebet pas di gas
    Klep normal

    BalasHapus
  21. Punten mas saya mau tanya motor ane beat karbu trus saya ganti seher 54.5 ko jadi brebet yah padahal karbu ok sampe ganti karbu 26 juga tetep aja brebet pas di gas nya
    Busi udah ganti baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Nembak gk gan? Ngetopin nya udah pas?

      Hapus
    2. Ngga ko sesuat top, tapi skarang udah mendingan ternyata busi baru tapi asline kw pantes jadi eror 😂
      Oh ya kalo klep standar noken costum pake per swedia itu aman ngga sih
      Masih risi mau tak pasang nya

      Hapus
  22. noken as bubutan sama klep standaran gapapa gan, per racing maksudnya per CVT apa per klep tuh?

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel