Menghitung biaya rombak pengapian CB 100 honda, Dari platina menuju CDI - Ate Breaker

Menghitung biaya rombak pengapian CB 100 honda, Dari platina menuju CDI

 Akhir-Akhir ini, banyak peminat motor jadul seperti CB 100, yang dimodifikasi dengan berbagai jenis gaya dan rupa. Hasilnya sangat menakjubkan, dari mulai body hingga mesin penuh dengan rombakan yang menarik. Maka tak heran, jika harga jual dari motor-motor yang keren ini bisa mencapai puluhan juta.
 Performa mesin yang dahyat ini terkadang tidak didukung dengan pengapian yang optimal. Sistem pengapian jadul yang masih menggunakan platina sebagai penyuplai arus dirasa kurang praktis dan tak jarang membuat si pemilik repot menutak-atik platina untuk menyesuaikan posisinya. Maka tak heran, banyak sekali pengguna CB lawas ini berinisiatif untuk mengubah pengapian jadulnya dari platina menuju CDI.
 Lalu, apa saja komponen yang harus diganti dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk merombak pengapian menjadi CDI? mari kita coba ulas.
 Dalam hal ini, pengapian akan diubah menjadi serupa dengan supra series, atau supra fit dengan pengapian model AC.

1. Magnet
 Mggnit adalah bagian mesin yang harus dibeli. Magnit ini berfungsi sebagai pencetus api bersama-sama dengan spul. Ukuran diameter lubang magnit supra dan CB sama, jadi anda tidak perlu merubah krug as. Harga bervariasi, jika beli orisinil, ada dikisaran 250-300ribu. Namun jika beli KW harga hanya sekitar, 80-150 ribu saja.

2.Spul
 Mengganti magnet berarti harus mengganti spul yang sama. Spul adalah bagian pengapian yang bersama-sama magnit, mencetuskan api lalu menerusakannya pada perangkat pengapian. Bagian ini terletak pada block mesin sebelah kiri. HArga orisinil dari spul berada dikisaran 120-150 ribu, sedangkan lokal atau KW mulai dari, 35-80 rb saja. Beli spul supra biasanya satu paket dengan pulser.

3.CDI unit
Hasil gambar untuk cdi supra
 CDI unit, Berguna menerima arus listrik dari spul, kemudian menyesuaikan arus sesuai kebutuhan motor menuju koil. Bagian ini cukup penting bagi pengapian. Harga orisinil mencapai 150 rb, sedangkan harga lokal bervariasi, mulai 35 ribu saja.

4.Koil (optional)
 Sebetulnya, untuk koil bisa saja tidak diganti, namun mengingat perangkat lain sudah dijadaikan supra, maka akan lebih baik jika koil ini diganti menggunakan supra juga. Harga orisinil sekitar 160 ribu, namun jika beli lokal bisa didapat mulai dari 30 ribuan saja.

5.Block magnit
Hasil gambar untuk blok magnet supra
 Block magnit adalah bagian yang berfungsi sebagai cover atau pelindung. Selain itu, bagian ini menjadi wajib dibeli agar spul bisa dipasang. Atau anda bisa rombak block bawaan tapi akan sangat merepotkan karena harus menggunakan jasa tukang bubut. Harga block sendiri bisa didapat sekitar 300-450 ribu untuk ori, dan 150-250 ribu untuk lokal.

6.Pulser
 Sederhananya, pulser berguna untuk memberi sinyal pada sinyal pada CDI dalam rangka mengatur timing pengapian. Posisinya terletak pada bagian blok magnet berdekatan dengan spul. harga Orisinil mencapai 100 rbu, dan lokal bervariasi mulai dari 15 ribuan saja.

 Dari keenanm komponen diatas, bisa kita hitung, jika keseluruhan perangkat menggunakan orisinil, maka jumlah seluruhnya adalah, RP 1.310.000.000,- Ini belum termasuk ongkos pasang. Sedangkan jika membeli komponen lokal dengan mengambil harga terendah sekitar, RP 330.000,- Minus beli pulser serta belum biaya pasang.
 Jika anda hendak membeli komponen diatas, sebaiknya hitung ulang dengan mempertimbangkan harga yang belum dicatat, mulai dari kabel, socket-socket, ongkos pasang, serta biaya lain yang bisa saja muncul. Harga diatas, hanya perkiraan pengeluaran dasar untuk membeli perangkat, sedangkan realnya, akan mengikuti pasaran di daerah anda.
 Yang perlu diperhatikan, harga mungkin berbeda dan bisa berubah kapan saja.

 Sekian, semoga bermanfaat.
Baca juga:Tangki motor bocor dan berkarat? Penyebabnya sepele lho!

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Menghitung biaya rombak pengapian CB 100 honda, Dari platina menuju CDI"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel