Vega zr susah hidup? Cek penyebab dan cara mengatasinya - Ate Breaker

Vega zr susah hidup? Cek penyebab dan cara mengatasinya

Malam sobat, semoga aktivitas sobat selalu lancar.

Akibat kelamaan ditinggal, beberapa pengguna mengeluhkan motor mereka yang susah hidup. Pada kesempatan ini saya akan membahas vega zr saja karena dari banyak kasus serupa, motor inilah yang paling banyak mengalami susah hidup. Baiklah sob daripada kebanyakan cerita terlalu lama dan sobat bisa bosan membacanya akan lebih baik jika kita lebih fokus ke penyebab dan cara mengatasi motor vega zr yang susah hidup.

 Yamaha vega zr pertamakali meluncur tahun 2008. Motor ini menggunakan sistem pengapian DC dengan CDI dan aki sebagai komponen utama pengapiannya. Serta menggunakan karburator mikuni yang setara dengan saudara tuanya vega r. Sistem pengapian yang modern dan konsumsi bahan bakar yang irit serta akselerasi yang bagus membuat banyak orang tertarik membeli motor ini. Tapi kenapa vega zr sering sekali susah hidup? Apalagi ketika usia motor sudah cukup lama terutama ketika lama disimpan? Apa penyebabnya?
Permasalahan ini sebenarnya cukup banyak tapi hal yang paling mungkin dan sering saya temukan adalah sbb.

1) pengapian
  Pengapian sederhananya adalah suatu proses dari suatu rangakaian komponen motor dengan tujuan menciptakan cipratan api/strum untuk menjalankan proses pembakaran kabut bensin di ruang bakar/di dalam boring cylinder. Vega zr menggunakan sistem pengapian DC (DIRECT CURRENT). Dimana aki merupakan komponen utamanya karena berperan sebagai penyeimbang arus. Jika aki lemah/mati, maka listrik yang mengarah ke CDI akan berubah arusnya. Mungkin mesin masih bisa hidup namun arus yang datang tidak akan stabil. Hal ini dapat menimbulkan mesin susah hidup atau tidak hidup sama sekali.
Selain aki, CDI juga berperan cukup penting yaitu sebagai terminal pengatur timing kapan listrik dialirkan. Melalui komponen bernama SCR yang diaktifkan melalui arus/sinyal dari pulser. CDI sangat rentan rusak atau lemah terutama jika aki lemah atau mati. Hal ini juga dapat menimbulkan masalah bagi motor susah hidup.
Komponen pengapian yang kemungkinan rusak juga adalah busi. Periksa busi dan jika sudah lama usianya sebaiknya segera diganti. Fungsi dari busi adalah sebagai penyalur listrik terakhir dimana busi memantikan api dalam ruang bakar untuk membakar kabut bensin dari karburator dan katup/kelep. Busi yang lemah memungkinkan bensin sulit terbakar dan menyebabkan motor tidak bisa hidup.
Komponen pengapian lain adalah spul dan koil. Koil berfungsi menggandakan arus listrik dari CDI sebelum diteruskan ke busi. Jika komponen ini lemah biasanya api akan terlihat kemerahan. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera ganti.
Dan terakhir adalah spul. Spul adalah kawat lilit yang berfungsi menerima listrik dari magnit sebagai pencetus api. Walaupun spul pengapian bersistem DC itu memiliki kawat yang besar dan jarang rusak, namun tidak menutup kemungkinan bagian ini biang utamanya. Umumnya, spul mati karena ada kawat lilit yang putus dan tidak bisa menghantarkan arus listrik. Untuk memastikan kawat masih bagus, sobat bisa menggunakan avometer untuk mengukurnya.

2. Karburator
  Karburator adalah penyebab kedua yang memungkinkan motor susah hidup atau mati. Karburator berperan sebagai tempat mencampur udara dan bensin menjadi kabut. Sebelum masuk melalui intake dan katup in menuju silinder. Jika fungsi karburator tidak bekerja maksimal, atau bensin tersendat tentu akan mengganggu pembakaran. Beberapa masalah yang biasa terjadi adalah endapan kotoran yang bisa menyumbat bensin dan air yang masuk ke karburator menyebabkan air ikut masuk ke cylinder yang menghambat proses pembakaran itu sendiri. 
Karena berperan sangat penting maka servis berkala wajib dilakukan pada komponen ini.

3. Ais dan filter udara
  Vega zr memiliki AIS (air injection system) yang berguna menetralisir udara hasil pembakaran di dalam ruang bakar. Ini berguna membuat ruang bakar tetap bersih dan memudahkan bensin menjadi mudah terbakar kembali setelah disemburkan lagi oleh katup in. Jika komponen ini rusak tentu akan membuat kurang optimalnya proses pembakaran.
Filter udara adalah bagian yang berguna untuk menyaring udara yang masuk dari beberapa selang pembuangan diantaranya udara dari AIS, selang udara dari mesin dan udara dari karburator. Sirkulasi udara  pada filter udara ini sangat berguna bagi keberlangsungan bagian-bagian yang membuang dan menerima udara dari dan ke filter. Karena jika udara dari filter tersendat atau kotor, maka salah satu bagian akan terkena dampaknya. Maka lakukan servis pada bagian ini.

4. Mesin
 Bagian mesin yang paling mungkin menjadi penyebab motor susah hidup adalah kelep/katup. Karena bagian ini berperan besar dalam mensuplai bensin ke ruang bakar melalui katup in juga berperan membuang gas hasil pembakaran melalui katup out. Keduanya bergerak bergantian sesuai mekanisme mesin, pengapian dan bensin. Sesuai namanya katup maka bagian ini harus rapat serapat-rapatnya ketika menutup, dan terbuka lebar ketika maju. Jika pada pada saat menutup ada celah, terutama pada bagian in, maka akan terjadi kebocoran yang mengganggu kinerja pada ruang bakar. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada motor terutama motor mati karena banjir dan menyebabkan motor sulit hidup. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan skir klep.
Selain itu, kebocoran juga mungkin terjadi pada silinder, piston dan ring piston yang akan berakibat lemahnya kompresi.
Jika hal ini terjadi maka motor harus diservis.

Itulah beberapa penyebab vega zr susah hidup. Selanjutnya adalah cara mengatasinya berdasarkan permasalahan diatas.
1. Periksa komponen pengapian satu persatu.
  Untuk melakukannya sobat harus memiliki alat khusus terutama avometer yaitu alat untuk mengukur arus listrik. Alat ini digunakan untuk mengukur arus dari spul, pulser dan CDI. Jika sobat tidak memilikinya sebaiknya periksa di bengkel motor.
Tapi hal yang bisa sobat lakukan dirumah, yaitu memeriksa aki dan busi. Seperti yang sudah saya jelaskan pengapian DC harus memiliki aki yang bagus. Karena aki sangat penting perannya pada pengapian ini. Sebaiknya segera memeriksa aki menggunakan avometer, atau bisa mengecek manual dengan cara menghubungkan dua kutub aki menggunakan kabel, jika mengeluarkan percikan listrik tandanya aki masih hidup, jika tidak artinya aki sudah mati. Anda harus segera menggantinya.
Busi biasanya merupakan bagian yang harus diganti. Apalagi jika usianya sudah lama. Busi idealnya diganti jika motor sudah digunakan sejauh 8000km. Busi yang lama disimpan karena motor tidak digunakan juga biasanya mengalami penurunan kinerja. Cara mengatasinya adalah lakukan servis dengan membuka dan membersihkan keraknya. Atau ganti busi dengan yang baru.

2. Servis karburator dan tangki bensin
 Usakan servis karburator secara berkala minimal satu bulan sekali. Melakukan servis juga akan merawat karburator dari karat dan kotoran yang mengendap agar komponenen ini bekerja secara optimal. Selain itu, tangki bensin juga penting untuk dibersihkan. Bensin yang akan masuk ke karburator, bergantung pada tangki yang bersih. Jika tangki kotor, maka karburator akan mudah kotor juga. Jadi lakukan servis pada kedua bagian ini secara berkala bila perlu bersamaan melakukan servis setiap servis karburator.

3. Lakukan penggantian AIS jika sudah terjadi ledakan
  Ais yang rusak biasanya menimbulkan ledakan keras dari knalpot, ketika motor sedang berjalan. Jika hal ini terjadi tentu akan membuat sistem pembakaran terganggu dan membuat ruang bakar kotor. Hal ini juga bisa menyebakan masalah yang serius bagi motor yang susah hidup.

4.bersihkan filter udara
  Lakukan servis berkala pada filter udara. Lakukan pergantian filter jika dirasa filter sudah tidak layak digunakan. Idealnya, filter diganti setiap 22.000km sekali

5. Cek dan servis mesin
 Jika dirasa performa motor sudah menurun, sebaiknya mesin diservis. Apalagi bagian head dan cylinder. Bagian ini juga sangat rentan terhadap penyakit motor yang susah hidup. Jika katup sudah bocor, lakukan skir klep segera. Serta ganti bagian yang sudah tidak layak seperti noken as, ring piston, atau pelatuk kelep.
Baca: Mengenal skir klep serta caranya

6. Selalu mengecek oli motor dan ganti oli
 Oli sangat penting untuk melumasi bagian mesin motor. Jika oli diabaikan penggantiannya, kemungkinan pelumasan tidak akan maksimal karena oli yang sudah tidak layak. Ini menyebabkan gesekan antar komponen mesin menjadi semakin besar dan bagian bagiannya akan cepat aus. Kemungkinan terburuknya mesin harus di servis total. Tapi dalam hal ini oli yang melumasi bagian head yang berhubungan dengan ruang bakar. Jika oli bagus tentu fungsi dari perangkat head akan bagus. Dan membuat kemungkinan motor susah hidup yang disebabkan mesin akan teratasi.

7. Gunakan bensin beroktan rendah
 Banyak yang mengira bensin yang beroktan tinggi seperti pertamax plus itu bagus bagi mesin motor. Siapa bilang? Betul, bensin beroktan tinggi memang bagus, tapi tahukah anda, semakin tinggi kandungan oktan pada bensin, semakin sulit juga bensin itu terbakar. Siapa bilang? Siap ya,,hhe
Coba tebak kenapa motor sport atau motor balap menggunakan pertamax atau bensin beroktan tinggi? Jawabannya adalah karena kompressi motor sport umumnya lebih besar. Idealnya untuk pertamax dengan kandungan ron diatas 92 hanya boleh digunakan oleh kpmpressi sekitar 9,2:1 keatas sob, menurut beberapa sumber yang saya ketahui. Selain itu, pengapian mereka juga besar. Maka bensin yang beroktan tinggi akan seimbang jika dibakar dengan pengapian yang besar tsb. Untuk yamaha vega zr yang pengapiannya standar serta komresi sekitar 9:1 maka gunakan bensin yang beroktan standar seperti pertalite atau premium. Tujuannya agar bensin lebih mudah dibakar. Tentu hal itu akan menunjang kebutuhan atau kapasitas mesin dan pengapian dalam proses pembakaran itu sendiri.

Nah itulah yang bisa saya bagi, jika ada yang mau menambahkan saya sangat berterimakasih. Karena apa yang kita temukan belum tentu sama. Maka dari itu berbagi adalah hal paling indah agar wawasan kita bisa terus bertambah. Sekian dan terimakasih.
Bacaan lainnya

10 Komentar untuk "Vega zr susah hidup? Cek penyebab dan cara mengatasinya"

  1. Bos mau tanya..jika tanpa aki apakah motor bisa hidup..? Jika bisa hidup ada dampak nya gak buat motor ntk maslah klistrilan nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan kalau pengapian normal.. hanya saja jika kelamaan CDI bisa mati,, mending akinya dipasang walau cuma lemah

      Hapus
  2. Maaf boss mau tanya...vega zr saya pake sistem pengapian langsung...kunci kontak nyala semua lampu utama dan lampu indikator nyala...sekarang semua lampu tidak bisa menyala kalo mesin tidak hidup dan lampu sein juga tidak bisa...kira2 apa penyebabnya boss karena aki juga baru..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah agak rumit jga ya gan... maksudnya lampu depan pakai arus aki?... kalau lampu kontak gak nyala, penyebabnya sama yaitu arus aki yang menuju ke jalur depan terhenti, barangkali ada gangguan di kabel bodynya... Coba sasar mulai dari sekring aki, sama kabel yang menuju ke depan, patokannya kabel dari sekring tersebut (1 nerima arus dari aki, 1 menuju depan/atas). Kalau lampu speedometer udah berhasil nyala, harusnya lampu depan juga udh bisa nyala..

      Hapus
  3. Maaf bos ku mau nanya nih motor ane vega rr 2014 km 65rb an akhir kerasa susah hidup di pagi hari dari febuari 2018 padahal servis rutin dan aki sama busi baru,klistrikan normal inti nya susah hidup di pagi hari,.ooh iya kadang" knapot nembah pada saat oper gigi tapi jarang terjadi mohon pencerahan nya bos ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Skir klep/katup, kalo nembaknya masih ada ganti ais (saran) atau bisa dimatikan aja aisnya... pastikan lagi pengapian semuanya normal

      Hapus
  4. Bos kalau gas nya ngak istabil apanya yang bermasalah dan kalau di gas dia mau mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengapian sama karburatornya di cek om,, pengapian (busi, CDI+aki, kiprok, kabel body sama dulu), Karbunya diservis

      Hapus

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel