3 jenis karburator yang cocok buat supra fit rombakan - Ate Breaker

3 jenis karburator yang cocok buat supra fit rombakan

Seperti kita tahu, karburator berfungsi untuk mencampur bensin dan udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Jika sobat bertanya seberapa penting sih mengganti karburator buat mesin rombakan? Kalau menurut saya pribadi, tidak terlalu diharuskan jika menggunakan karburator bawaan performa masih oke, tapi akan lebih maksimal performanya jika pergantian karburator ini dilakukan. walaupun tetap terdapat efek negatifnya juga dari pergantian karburator tersebut. Contohnya, jika mesin rombakan menggunakan karburator bawaan, sisi baiknya konsumsi bahan bakar akan tetap sesuai standarnya, sementara salah satu sisi negatifnya, mesin akan cepat panas karena bensin dalam ruang pembakaran terlalu sedikit beserta kandungan udaranya, sehingga performa motor mungkin kurang maksimal. Sebaliknya jika karburator diganti, sisi positifnya adalah kebutuhan akan bensin pada ruang pembakaran bisa terpenuhi, dan performa motor lebih maksimal lagi, sementara dari sisi negatif, salah satunya adalah boros bensin.

Mengganti karbrator pada mesin rombakan juga tidak bisa asal pasang dan ganti. Selain harus di set ulang, karburator juga harus memenuhi kriteria yang dibutuhkan sesuai jenis mesin dan rombakan apa yang dilakukan pada mesin sobat sendiri. Misalnya, sobat hanya melakukan rombakan pada mesin supra fit lama dengan piston jupiter z, maka ketika memakai karburator PE 28. Yang memiliki ventury 28mm mungkin membuat motor  berebet terutama diputaran atas.

Baca juga: cara setting manual karburator

Nah sobat, jika ingin tidak banyak rombakan lain ketika mengganti karburator ada baiknya memakai 3 jenis karburator seperti berikut.

1. Karburator supra x 125/karisma
 Yang pertama adalah karburator supra x 125 atau karisma. Karbu ini memiliki pilot jet dan main jet yang hampir sama dengan karburator supra fit. Karbu ini dibuat untuk motor 125cc dan jika dipasang pd supra fit, maka akan sangat cocok pun ketika mesin dalam putaran atas. Nafas lebih panjang dan saat diputaran bawahpun masih bisa menyesuaikan dengan sedikit settingan pada air screw saja.
Keuntungan lain dari karbu ini, adalah tidak membutuhkan banyak rombakan, selain mengganti intake milik karisma.

2. Karburator rx king
 Dengan performa rx king yang khas tentunya kita akan berfikir bahwa karburator ini yang paling bagus. Faktanya memang demikian, hanya saja untuk memasangnya kita memerlukan sedikit rombakan pada intake, sekaligus membutuhkan beberapa settingan lanjutan agar tidak brebet.

3. Menggunakan karburator Gl pro/max
 Seperti halnya supra x 125, karburator ini juga dibuat untuk mensuplai mesin bercylinder 125 yaitu gl pro. Selain itu, sobat juga tidak perlu khawatir boros bensin.Hanya saja dari segi pemasangan juga membutuhkan sedikit penyesuaian pada intake.

Sekian dulu sob. Semoga bermanfaat.
Baca juga

1 Komentar untuk "3 jenis karburator yang cocok buat supra fit rombakan"

  1. Jadi bingung saya pilih yang mana, kayaknya punya kharisma aja deh hehe

    BalasHapus

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel