Rombak Mesin Supra Fit Pakai Piston Karisma - Ate Breaker

Rombak Mesin Supra Fit Pakai Piston Karisma

 Mas bro, supra fit merupakan sepeda motor kelanjutan dari generasi supra series yang lahir sekitar tahun 2000an. Namun meski memiliki desain yang hampir mirip supra terutama model awalnya, supra fit ternyata memiliki detail perbedaan yang cukup beragam. Mulai dari bentik headlamp, hingga mesin yang sejatinya berbeda dengan supra series seperti supra X. Supra fit menggunakan mesin motor bebek 1990an honda legenda, sementara supra X menggunakan mesin honda grand. Walaupun begitu, keduanya kerap kali dianggap lahir dari model yang serupa.
seher karisma
 Nah sobat, karena masih terbilang belum terlalu tua, maka keberadaan motor bermesin 100cc ini masih mudah ditemui dijalanan. Tak tanggung-tanggung, penggunanya mencapai belasan juta orang, menurut data yang diklaim pihak honda. Tetapi dengan usia lebih dari 10 tahunan itu, mesinnya seringkali telah menemui masalah seperti gejala knalpot berasap dan sebagainya yang membuatnya harus turun mesin.
 Salah satu masalah yang mungkin anda temui sebagai pengguna supra fit adalah mesin yang mengalami kerusakan dibagian piston dan silinder dan membuatnya harus dikorter ulang. Ya, tentunya korter atau oversize akan menambah mengembalikan kondisi mesin motor anda. Namun terkadang, korter yang buruk bisa membuat mesin motor tidak awet hingga harus korter ulang sebab itu, mungkin liner boring supra fit anda sudah terlanjur besar diameternya dan menyulitkan mencari part piston pengganti.
 Idealnya boring bisa dikorter hingga ukuran 51mm, atau dengan menggunakan piston oversize 1.00mm. Walaupun sekarang telah banyak piston alias seher yang berukuran lebih besar, dengan oversize mencapai 1.50mm bahkan hingga diatas-2.00mm. Yang jadi masalah, tidak semua penjual sparepart memiliki ukuran piston oversize tersebut, karena ukuran yang kurang ideal tersebut.
Baca juga: Mengenal Korter/Oversize Boring (Buring) Alias Blok Silinder
 Salah satu cara untuk mengatasinya, daripada repot mencari seher oversize 1.50 atau 2.00mm, piston dari model motor honda karisma ukuran standar bisa jadi solusinya. Sebab, piston ini memiliki diameter 52,4mm. Sedikit terlalu besar sih, tetapi piston ini sering saya sendiri gunakan pada model supra fit dengan liner yang sudah besar. Juga nyatanya boring masih bisa menyesuaikan meski tipis.   Kelebihanya, piston standar karisma mudah dicari karena memang serupa dengan piston milik supra x 125. Selain itu, pen piston juga memiliki kesamaan diameter, jadi tidak akan repot rombak pen piston atau ganti stang piston. Dengan piston sebesar milik karisma, otomatis performa supra fit pun meningkat tajam.
boring dan liner supra fit
 Hanya saja yang perlu diperhatikan ada sedikit perbedaan dari panjang piston, yakni piston karisma sedikit lebih panjang di bagian ekor. Maka, perlu untuk dipotong beberapa mm saja, namun hal itu bisa dikerjakan sekalian saat korter boring tempat bubut/korter.
 Namun jika ditanya adakah efek negatifnya?
 Pastinya ada, diantaranya, getaran mesin besar, juga beresiko over heat. Tetapi hal itu bukanlah perkara sulit, sebab jika perawatan lebih diperhatikan seperti memajukan jadwal ganti oli oli dan sebagainya mesin juga akan normal dan awet seperti biasanya. Yang terpenting pastikan oli tetap lancar ke head mesin. Oli 1L di mesin supra fit bisa digunakan, untuk menjaga mesin tidak overheat.
Baca juga: Penyebab Seher Motor Sering Macet Setelah Dikorter

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Rombak Mesin Supra Fit Pakai Piston Karisma"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel