Mengatasi cone stir motor yang mudah longgar - Ate Breaker

Mengatasi cone stir motor yang mudah longgar

  Malm sobat kali ini saya mau posting tentang penyakit pada kemudi motor atau cone stir (kom).

  Cone stir atau atau biasa disebut komstir atau kom adalah bearing (laher) yang diletakan dibagian segitiga dan berguna agar stang bergerak lebih lancar melalui bola-bola kecil (laher) yang terdapat pada kom.
 Cone stir terlalu rapat atau longgar maka motor akan mengalami kendala saat dikemudikan dan otomatis keseimbangan akan bagian kemudi ini menjadi terganggu.
  Bagi motror yang sudah berusia cukup lama, komstir terkadang mengalami masalah, yakni biasanya menjadi sagat longgar. Banyak hal yang mempengaruhi longgarnya komstir ini, mulai dari sering membawa beban berat, atau jarang mengencangkan kom yang berakibat pada komstir cepat aus sekaligus membuatnya longgar. Selain longgar, terkadang komstir yang aus juga memberi efek berat pada kemudi alias stang ini, yang disebabkan dudukan bola laher yang bergelombang.
Baca juga: 3 Racikan pembersih kerak mesin, bisa dibuat dirumah

 Sedangkan untuk beberapa kasus lain penyebab cone stir mudah longgar adalah pada bagian segitiga yang tergores cukup dalam tepat dibagian cone stir. Penyebabnya dapat diasumsikan cone stir/kom yang dikencangkan berlebihan saat stang longgar dengan maksud menyetel cone stir dan memakasakan menggunakannya dalam waktu cukup lama.

 Nah sobat, terkadang komstir yang sudah membuat segitiga tergores, sulit untuk bertahan lama usia pakainya, meskipun sudah diganti baru. Terkadang, komponen ini hanya bertahan beberapa waktu saja, dari sebelumnya komstir bisa bertahan tahunan, menjadi hanya dalam hitungan bulan. Tentu hal ini buruk bagi kantong sobat, karena anggaran servis jadi bertambah.
tipe bambu

 Nah, untuk mengatasinya, komstir dengan tipe laher bambu yang memiliki bentuk laher panjang bisa menggantikan komstir bawaan dengan bola-bola laher alias bulat nih. Biasanya, komstir yang juga disebut kom "racing" ini akan bertahan cukup lama, serta tidak ada bedanya dengan komstir biasa dari segi stabilitas kemudi. Satu-satunya kekurangan dari kom jenis ini menurut saya adalah proses membukanya yang lumayan rumit ketika hendak diganti lagi. Sebab, kom jenis ini memiliki dudukan laher yang agak berbeda di bagian bawah, yakni memiliki ukuran yang pas dengan dudukan leher pada rangkanya. Maka ketika membukanya tidak ada celah besi dudukan yang bisa ditempa pahat.
 Namun, jika mengingat usia komstir yang relatif lebih lama dari komstir bola laher (dengan catatan, segitiga sudah tergores), maka tetap akan lebih baik. Terlebih, dudukan yang susah dibuka tadi masih bisa dihancurkan kala mengganti lagi komstir baru, tentunya dengan bantuan bengkel profesional ya mas bro, agar meminimalisir resiko kerusakan.

 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.
Baca juga: Tanpa pasang saklar, cara agar lampu motor bisa dimatikan

1 Komentar untuk "Mengatasi cone stir motor yang mudah longgar"

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel